Chocolate Eggdrop

Makanan ini atau lebih tepatnya cemilan ini sedang booming di sebuah grup masak. Cemilan yang terbuat dari biskuit berbalut cokelat bertabur sprinkle ini pasti sangat digemari oleh anak-anak, termasuk Absha.

Bahan utamanya berupa biskuit eggdrop yang dengan mudah bisa didapatkan di supermarket Alfa atau Indo dengan merk Monde. Namun, kalu menginginkan versi murahnya bisa membeli curah di toko cemilan kiloan. Kemarin saya beli ini dua puluh limaribu rupiah untuk 500 gram. (Banyak banget ya ini, ada sekitar 350an biji..kira kira)

Cokelat yang digunakan ya tentusaja cokelat masak, bukan cokelat semacam silverq***n, tobl***n, atau sejenisnya. Merk paling populer yang bisa ditemukan tidak hanya di toko bahan kue adalah Collata, meskipun ada merk lain seperti Elmer dan Mercolade.

Pekerjaan yang agak tricky untuk membuat chocollate eggdrop ini adalah cara melelehkan cokelatnya, karena jika kepanasan atau bahkan sampai terkena uap air, cokelatnya akan menggumpal dan tidak meleleh dengan sempurna. Potong-potong kecil cokelat yang akan dilelehkan dan letakkan di wadah. Siapkan panci yang diisi air lalu didihkan. Matikan kompor lalu letakkan wadah cokelat di atas panci tersebut (wadah ini harus berukuran lebih besar dari pancinya;misal bisa gunakan mangkok/piring stainless). Aduk aduk hingga cokelat mencair.

Untuk cokelat yang dark, cenderung lebih mudah dilelehkan dan lebih cair glossy, sedangkan untuk yang berwarna lain (misal pink, putih, merah, dan sebagainya) cokelatnya tidak bisa meleleh dengan sempurna. Bisa ditambahkan butter leleh atau minyak goreng. (2 – 3 sdm untuk 250 gram), ada juga yang punya trik menambahkna maizena agar irit cokelat, tapi saya belum mencoba. Jika ditambahkan minyak goreng yang lebih banyak, maka adonan akan lebih lama mengerasnya. Saya pernah mencoba untuk cokelat yang berwarna putih, dan hasilnya justru malah persis dengan cokelat putih yang suka ada di KinderJoy lho, bisa disendok gitu.

Berikut resep lengkapnya

Bahan :

  • Biskuit eggdrop (kalau mau diganti dengan biskuit lain atau bahkan wafer ya bisa saja, tapi namanya bukan chocollate eggdrop lagi)
  • Cokelat masak
  • Sprinkle atau hiasan lain
  • Tusuk eskrim

Cara membuat :

  • Lelehkan cokelat
  • Masukkan biskuit ke dalam lelehan cokelat lanjut tempelkan pada tusuk eskrim
  • Masukkan biskuit ke dalam lelehan cokelat lanjut tempelkan pada tusuk eskrim
  • Masukkan biskuit ke dalam lelehan cokelat lanjut tempelkan pada tusuk eskrim
  • Beri hiasan di atas cokelatnya
  • Tunggu sampai dingin dan cokelat mengeras
  • Bungkus dengan plastik atau masukkan toples
  • atau masukkan toples
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s