Tips Belanja Online agar Untung

Naluri perempuan sepertinya memang tidak pernah jauh dengan belanja. Tidak heran ada yang menyebutkan bahwa para peremuan itu selain suka ngemil dan ngomel, mereka juga suka ngemol (alias belanja).

Pergeseran trend belanja saya amati akhir-akhir ini semakin gencar. Dengan kemudahan akses internet yang tidak mengenal waktu dan lokasi, membuat belanja online semakin diminati karena semakin memberikan keuntungan.

Keuntungan itu berupa kemudahan berbelanja tanpa harus keluar rumah; bahkan sambil tiduran, sambil masak, atau bahkan sambil menyuapi anak pun kita bisa sambil berbelanja. Keuntungan lain adalah kita dapat dengan mudah membandingkan harga antar toko dan tentu saja membandingkan diskon atau potongan harga yang ditawarkan. Bahkan banyak pula situs yang menyediakan voucher belanja untuk beberapa marketplace. Sampai sekarang, juga masih ada marketplace yang menyediakan promo bebas ongkos kirim dengan minimal pembelanjaan nominal tertentu.

Begitu juga dengan saya, sebagai seorang ibu rumah tangga yang juga bekerja, ditambah kondisi saya sedang hamil tua, kenikmatan belanja online merupakan hal yang istimewa. Tidak sedikit aplikasi marketplace yang terinstal di HP saya. Saya menggunakan kemudahan ini untuk belanja shampo, sabun, pelembab wajah, mesin gergaji, pompa air, pakaian dalam, vacuum cleaner, oven, slowcooker, jas hujan, tepung roti, cokelat, dan masih banyak lagi.

Nah, saya akan membahas tentang belanja online ini. Bagaimana trik kita agar belanja online di marketplace ini benar-benar menguntungkan?

Pastikan barang yang akan dibeli jelas merknya

Hal ini perlu diperhatikan, apabila kita baru pertama kali belanja online. Karena, tidak jarang barang yang dijual oleh seller (penjual) itu hanya kualitas KW atau duplikasi. Misalnya ketika kita membeli pakaian atau tas. Kalau tidak benar-benar yakin dengan barangnya, lebih baik cari alternatif belanja offline atau mencari info ke teman yang sudah pernah belanja barang yang sama.

Saya pribadi belum pernah belanja online di marketplace untuk produk pakaian atau tas, karena kebanyakan tidak menyertakan gambar asli (realpict) dan hanya berupa gambar model yang kemungkinan besar sudah diedit agar tampak lebih bagus. Ditambah banyak beredar gambar perbedaan antara ekspektasi dan kenyataan untuk produk-produk tersebut. Apalagi jika hargaya murah dan agak tidak wajar. Pastilah, ada harga ada rupa. 😊

Merk-merk yang sudah tidak diragukan misal untuk tas : gosh, oriflame, elizabeth, dll. Kemudian untuk pakaian : kirgiz, rabbani, elzatta, dll.

Cek harga di beberapa toko dan marketplace

Setelah menentukan barang yang dicari, pencarian berikutnya adalah pencarian harga di masing-masing toko. Jangan lupa, baca dengan cermat deskripsi yang dicantumkan dan pastikan barang yang Anda bandingkan adalah barang yang sejenis. Jangan hanya membandingkan harga, tetapi cek juga tanggal kadaluarsa (apabila barang yang akan dibeli memiliki masa pakai tertentu), kondisi barang (new atau 2nd).

Sepanjang pengamatan saya, beberapa produk memang harganya yang tidak jauh berbeda dengan harga offline. Namun, tidak jarang juga toko memberikan diskon dengan durasi wajtu tertentu atau dengan mas promo tertentu. Nah, pilihlah yang seperti ini.

Cek reputasi Toko (Seller)

Sebelum memutuskan untuk membeli, sangat penting untuk mengecek reputasi toko yang akan Anda beli barangnya. Cara mengeceknya bisa dari:

  • komentar yang ada di produk tersebut dan penilaiannya, komentar yang banyak dan baik menjadi indikator bahwa barangnya memang sesuai dengan yang diinformasikan
  • jumlah follower, meskipun tidak selalu mengindikasikan reputasi yang baik, paling tidak dengan jumlah follwer yang banyak akan dapat menunjukkan bahwa produknya selalu dicari oleh customer. Marketplace yang ada fasilitas follower salah satunya dalah Shopee
  • status toko (khusus untuk Shopee), apakah star seller, official shop, ataukah tidak ada status sama sekali. Belanjalah di star seller atau official shop.

Cek ongkos kirim

Salah satu kendala utama belanja online tentu saja adalah pengiriman. Meskipun harganya murah, tetapi jika ongkos kirimnya mahal jatuhnya akan menjadi mahal juga harga barangnya. Anda bisa memilih toko (seller) yang lokasinya dekat dengan lokasi domisili atau lokasi pengiriman barang.

Silahkan cek ke beberapa marketplace dahulu sebelum memutuskan membeli, karena bebrapa marketplace masih memberikan promo gratis ongkos kirim / subsidi ongkos kirim untuk minimal nominal belanja tertentu. Manfaatkanlah promo ini.

Pilih jasa pengiriman yang mendukung lokasi Anda

Banyak sekali jasa pengiriman yang ditawarkan oleh toko (seller) untuk dapat Anda gunakan. Yang paling populer adalah JNE, J&T, dan PT Pos. Sesuaikanlah dengan jasa pengiriman yang ‘bersahabat’ dengan lokasi Anda, agar barang cepat sampai dan tidak ada masalah. Meskipun, Anda juga tidak perlu terlalu khawatir barang tidak sampai, karena Si Jasa Pengiriman ini sudah mempunyai kesepakatan bisnis dengan Marketplace yang bersangkutan sehingga barang akan selalu dicek.

Pilih opsi pembayaran yang mudah.

Beberapa marketplace memberikan kemudahan bagi customernya dalam hal pembayaran. Pilihlah yang menyediakan opsi pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilihlah yang tanpa biaya tambahan, jadi bank tujuan transfer sama dengan bank yang Anda gunakan. Atau pilihkan yang memberikan kemudahan pembayaran via supermarket yang tanpa ada biaya tambahan.

Catatan Khusus dari Saya:

Saya terbiasa belanja dengan memanfaatkan ‘perang’ marketplace, dimana masing-masing marketplace berlomba memberikan pelayanan yang terbaik untu meningkatkan jumlah transaksi. Pada awal booming marketplace dulu, saya berbelanja di mataharimall.com. Pada saat itu, sedang promo awal dengan mengratiskan ongkos kirim kemanapun dan dengan nominal berapapun ditambah ada voucher untuk member baru ataupun voucher dari kartu selluler yang saya gunakan. Saya memanfaatkan promo ini untuk membeli oven listrik kirin, slowcooker miyako, vacuum cleaner pro master, lipstik, dan jas hujan. Semua barangnya bagus, asli, dan untuk barang elektronik masih awet sampai sekarang (sudah sekitar 4 tahun).

Saya juga pernah belanja di lazada. Namun hanya beberapa barang, karena promonya tidak begitu banyak. Sering tertera harga diskon besar, namun sebenarnya harganya sudah dinaikkan baru didiskon. Jadi, harga sebenarnya yang memang harga hasil diskon itu. Saya pernah beli shampoo pantene, tupperware botol minum-tempat makan, dan cover sleeping bag).

Marketplace yang akhir-akhir ini sering saya gunakan adalah Shopee. Harganya relatif realistis. Bahkan dengan toko yang sama di marketplace yang berbeda, harga di shopee lebih murah. Bahkan setelah ditotal dengan ongkos kirim. Tips khusus belanja di shopee adalah memilih star seller yang review produknya sudah banyak dan atau official shop.

4 thoughts on “Tips Belanja Online agar Untung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s