Mbak Ruroh?

dimasruroh

Video yang menceritakan seorang anak SD bernama Dimas yang naksir temannya yang bernama Mbak Ruroh ini menjadi viral beberapa hari terakhir. Bagi yang masih belum melihat atau belum tau ceritan video tersebut bisa segera googling dengan keyword “mbak ruroh dan dimas” atau keyword lain, dan pasti sudah diarahkan ke halaman yang benar.

Awalnya dimas ini menjadi viral di jagat maya lantaran jawaban lucunya saat menyebutkan nama-nama pejabat Tanah Air, nama presiden terutama. Namun, oleh si perekam kemudian dimas ditanya hal-hal lain sampai akhirnya dia bercerita tentang perasaanya dengan teman sekelasnya, Mbak Ruroh yang kemudian semakin di eksplore oleh orang yang merekam.

Sepintas bagi kebanyakan netizen memang video ini lucu, tetapi menurut saya pribadi justru sebaliknya. Saya melihat ada unsur mengada-ada dan ada unsur mbombong (dalam bahasa jawa). Dimas dipancing dengan pertanyaan-pertanyaan yang dirasa akan menarik perhatian dan dianggap lucu. Usia anak SD sudah punya perasaan suka, asmara ..Yah mirip-mirip Si Boy Anak Jalanan, si Dimas jadi Boy dan Mbak Ruroh jadi Reva. Miris..Iya, saya miris. Dulu, perasaam seperti ini muncul paling tidak ketika seusia SMA itu pun masih malu-malu, tidak seperti sekarang ini… jadi konsumsi publik pula. 😦

Terlepas dari apapun, bagi netizen..berita-berita viral membawa berkah tersendiri. Kewargaan digital secara tidak langsung membawa persepsi ini. Berita viral, yang kemudian diakses oleh banyak orang akan menghasilkan keuntungan. Berlomba-lombalah mereka membuat, mencari, dan kemudian menyebarkan berita. Namun, kadang mereka lupa dengan etika kewargaan digital. Bahwa ada UU ITE yang tidak boleh dilanggar, ada etika norma yang perlu dihormati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s