Manfaat Ajaib Musik Asyik

Awalnya saya tidak percaya sepenuhnya dengan hal ini. Saya pikir mendengarkan musik ya Cuma hiburan saja, tidak terlalu percaya kalau dengan sebuah alunan nada-nada teratur saja bisa memberikan efek mengubah mood, menyembuhkan penyakit dan bahkan bisa mengubah masa depan. Lebay menurut saya, berlebihan.

Tetapi, setelah saya amati dan alami sendiri serta hasil literasi dari beberapa sumber, ternyata ini bukan cuma cerita berlebihan.

Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. (wikipedia)

Musik merupakan salah satu bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Selain menghibur, musik dapat pula mencerdaskan manusia dan terapi kesehatan untuk mengobati stress pada manusia. Lantunan musik biasanya diciptakan untuk menggambarkan keadaan tertentu, baik itu sudah, senang, tentang alam, atau kehidupan. Sehingga jika kita bisa menikmati musik sesuai yang kita senangi dapat memberikan inspirasi, ketenangan, bahkan musik dapat mencerdaskan. Otak manusia tersiri atas dua bagian, otak kiri dan otak kanan. Otak kiri bekerja untuk fungsi logika, sequrnce, analisa, sedangkan otak kanan bekerja untuk tugas visual, ruang (geometric), creativuty, mood, emotion, dan sebagainya. (sumber)

Musik bisa menjadi sebuah meditasi dan memberikan manfaat secara fisik, emosional dan spiritual. Berikut sejumlah manfaat mendengarkan musik seperti dikutip dari Boldsky.com. (sumber)

  1. Dalam sebuah studi, mendengarkan musik yang santai dapat meningkatkan kadar serotonin di otak. Hal ini membuat orang yang mendengarkan musik akan merasa tenang dan bahagia.
  2. Mendengarkan musik yang menenangkan bisa menurunkan detak jantung yang terlalu cepat. Bahkan, turut membantu menurunkan tekanan darah jika mendengarkan musik yang tenang.
  3. Seluruh tubuh bisa menjadi rileks ketika mendengar musik. Cobalah berbaring sebentar di lantai sambil mendengarkan musik yang tenang. Itu bisa jadi semacam meditasi dan Anda akan merasa lebih rileks beberapa saat.
  4. Bukan informasi baru jika musik dapat menurunkan tingkat stres. Dengan mendengar alunan musik yang lembut, dapat menstabilkan seluruh sistem tubuh dan pikiran.
  5. Mendengarkan musik dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhan suatu penyakit. Musik membuat tubuh menjadi rileks dan dapat membuat sistem tubuh bekerja menyembuhkan diri sendiri lebih baik. Itulah mengapa ada terapi musik untuk membantu penyembuhan.
  6. Musik bisa membantu seseorang melupakan rasa nyeri di tubuhnya. Mereka yang memiliki nyeri pada tubuh, cobalah mendengarkan musik setiap hari yang dipercaya dapat meredakan rasa sakit.
  7. Susah tidur? Cobalah sejenak mendengarkan musik. Musik bisa membantu seseorang tidur lebih cepat sehingga meningkatkan kualitas tidur.
  8. Mendengarkan musik ternyata dapat meningkatkan produktivitas seorang pekerja. Sebuah survei menunjukkan, karyawan yang mendengarkan musik lebih banyak melakukan pekerjaan dan menyelesaikannya dalam waktu lebih singkat.

Jadi, sudahkan mendengarkan musik hari ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s