Kepik, Binatang Bersayap Cantik Warna Warni

Sepertinya binatang ini mudah sekali ditemukan di sekitar rumah. Iya, kepik atau bahasa latinnya coccinelida. Warna-warnanya cantik dan mudah ditangkap,membuat absha suka sekali dengan si dia ini. Setiap ada kesempatan mbolang, istilah kami untuk berpetualang di alam terbuka, binatang cantik ini selalu menjadi sasaran utama buat Absha. Kami jarang menyebutnya kepik, tetapi dengan sebutan lain yang lebih keren yaitu ladybug.

20161228_1130271

Berdasar infoi dari sini, Coccinelida adalah sebuah keluarga kumbang yang secara umum dikenal dengan sebutan “Kepik”atau “Kumbang Tutul”. Kepik ditemukan diseluruh belahan dunia dengan lebih dari 5000 spesies yang telah ditemukan. He,,he,,he,,!!!!! sok tau ya aku,, ma’af klau sombong,,,,.

kembali lagi ke Coccinelida. Dari 5000 spesies yang telah ditemukan, ada 450 yang diantaranya adalah spesies asli Amerika Utara. Hewan tersebut memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1}. Dia memiliki ukuran 1 sampai 10 mm.
2}. Berbentuk seperti belahan bola.
3}. Berwarna merah dan juga ada yang berwarna coklat.
4}. Tubuhnya bergaris dan berbintik-bintik.
5}. Kepik yang dewasa makanannya adalah kutu daun.
20161229_1006361
Hemiptera adalah ordo dari serangga yang juga dikenal sebagai kepik. Hemiptera terdiri dari 80.000 spesies serangga seperti tonggeret, kutu daun, anggang-anggang, walang sangit dan lain-lain. Mereka semua memiliki ciri-ciri khusus seperti mulut berbentuk jarum dan tidak mengalami metamorfosis sempurna. Serangga kecil (kepik) tidak termasuk hemiptera, melainkan termasuk dalam ordo coleoptera (kumbang) karena memiliki perbedaan dalam hal anatomi dan siklus hidup.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s