Embung [Wisata] Baru, Jlamprong

jlmp1

Satu lagi Embung yang dibangun di Gunungkidul. Embung yang diberi nama Embung Jlamprong ini terletak di Dusun Mojo, Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu.Embung yang dibangun dengan dana Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) sebesar  Rp 3,096 miliar melalui Balai Besar  Sungai Opak Serayu ini sudah mulai digenangi air..sudah lumayan juga meskipun belum ada 1 meter ketinggiannya (saya main 20 Maret kemarin). DI samping, karena belum lama beroperasi, curah hujan juga akhir-akhir ini berkurang bahkan cenderung sangat panas di siang hari yang mempercepat penguapan.

Embung yang mulai ramai dikunjungi masyarakat belum dilengkapi fasilitas yang maksimal. Hanya ada satu warung, satu tempat duduk dari bambu, dan satu Gazebo [kotor]. Harapannya, kawasan yang letaknya hanya 1,5 km dari kota Kecamatan Semanu atau sekitar 8 km dari kota Wonosari dapat dilengkapi faslitas wisata, antara lain, penataan lingkungan,  penyusuran Goa Jlamprong dan berbagai fasilitas lainnya. Menurut info, Selain akan menjadi obwis penyusuran goa,  Embung Jlamprong  akan dijadikan area Taman Terbuka Hijau dan Taman Buah.

jlmp2

Kalau Anda dari arah Wonosari, setelah melewati Mie Ayam [fenomenal] Prima Rasa, lurus saja kira-kira 250 meter sampai pertigaan belok kanan sejauh kira-kira 1 kilo. Kalau sudah sampai Makam Mojo kiri Jalan, pelankan kendaraan Anda dan beloklah ke kiri. Nah, 100 meter saja Anda sudah bisa melihat penampakan Embung ini.

Cocok untuk Refreshing Anda. Tapi saran saya, datanglah saat Cuaca tidak Panas, karena Pepohonan di sini terbatas..Tempat paling rindang, ya di bawah pohon ini.

jlmp3

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s