Beberes Rumah

Seminggu terakhir ini Mood saya di rumah jeleeek banget. Hujan yang hampir selalu awet membuat rumah bagaikan kamar mandi…Maklumlah, cor-coran atap yang gak bagus membuat air hujan merembes dan bahkan sampai menetes.😦. Efeknya barang-barang jadi ditumpuk sekenanya, menghindari beberapa titik ruang  yang kena basah. Kalau sudah begini bawannya pengen ada peri baik yang bantu beres-beres merapikan barang-barang yang ada dan menyortirnya.

Niat sudah kuat, tapi,,,,kalau ingat pekerjaan di Sekolah yang juga sedang banyak, semangat kendor lagi. Pengennya sih, libur gitu. Biar bisa ada waktu buat beberes meskipun sadar juga, kalau beberes beginian ini butuh waktu yang banyak..bisa berhari-hari bahkan berminggu-minggu.

Langkah pertama sebelum action adalah Browsing. Browsing disini maksudnya cari-cari info tentang Bagaimana Cara Menata dan Merapikan Rumah. Ternyata memang benar bagaimanapun juga rumah yang tertata rapi akan membuat pandangan mata kita menjadi cerah dan otomatis suasana hati juga ikut senang karena gak sumpek melihatnya. Ada 3 konsep yang saya temukan dalam pencarian saya ini.

Pertama Konsep 5R

Konsep 5R yang akan dibahas berasal dari sebuah budaya kerja di Jepang yang disebut 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke). Konsep ini adalah bagaimana menata sebuah budaya kerja yang berfokus pada kebersihan dan efisiensi tempat kerja, standardisasi prosedur kerja, mengeliminasi segala sesuatu yang tidak diperlukan serta secara bersamaan meningkatkan kualitas hasil kerja dan safety.

a. Ringkas (Seiri)
Perhatikan penggunaan tempat sesuai fungsinya, contohnya tempat mainan anak, harus ada tempat khusus dan dikelompokkan sesuai jenisnya, misal satu tempat khusus untuk mobil-mobilan, balok, alat role play dan sebagainya. Contoh lain dapur harus jelas dimana posisi tempat bumbu, lemari khusus panci, dan yang terpenting gudang…karena di gudang alih-alih sebagai tempat menyimpan barang tapi jadi berubah fungsi menjadi tempat menyembunyikan apa saja🙂
b. Rapi (Seiton)
Hal yang perlu diperhatikan adalah klasifikasi dalam penataan barang. Contoh sederhana adalah lemari, apakah kita meletakkan pakaian sesuai klasifikasi yang kita buat? misalnya memisahkan mana tempat kerudung, mana tempat pakaian dalam, kaos, baju dirumah, baju untuk pergi, dan sebagainya. Hal ini memudahkan ketika mencari sesuatu dan tidak merusak tatanan lemari,
c. Resik (Seiso)
waktu untuk bersih-bersih, sebaiknya kita selalu membuat waktu khusus untuk selalu rutin melakukan bersih-bersih agar keringkasan dan kerapihan yang sudah kita lakukan tetap terjaga. misal kita sempatkan 10 sampai 15 menit untuk 1 ruangan
d. Rawat (Seiketsu)
adalah kemampuan merawat barang yang kita beli agar awet terpakai lebih lama,. untuk itu sebelum membeli barang tanyakan dulu pada diri sendiri apakah saya benar-benar memerlukan barang ini ? apakah saya mampu merawatnya? rumitkah perawatannya?
e. Rajin (Shitsuke)
Untuk menjaga keempat proses tersebut diatas tetap terjaga kita harus rajin. dengan mengulang-ulang terus proses diatas sehingga kerapihan rumah tetap konsisten terjaga kenyamanan dan kerapihannya
Kedua Konsep Fly Lady
Fly lady mengajarkan hal terpenting yang pertama kali harus dibersihkan adalah :
a. Shine your Sink…alias bikin kinclong bak cuci piring, jangan pernah meninggalkan bak cuci piring dalam keadaan kotor sebelum tidur. prinsipnya jika bak cuci piring saja sudah kinclong pasti tempat lainnya juga minimal rapih dong !
b. Berpakaian rapih. sebelum kita beres-beres sebaiknya berpakaian rapih. bye..bye..daster. tujuannya supaya kita merasa siap untuk bekerja…yup…ibu profesional.
c. Lakukan de clutter 15 menit per hari. katagorikan mana barang yang diperlukan, dan mana yang harus dibuang atau diamalkan.
d. Proses bersih-bersih bukan marathon yang harus dilakukan tanpa henti tapi kemudian stop karena keburu lelah. tapi proses yang berkelanjutan walau hanya 15 menit  kemudian ambillah waktu untuk menenangkan diri, istirahat sejenak agar kita dapat berpikir apa lagi yang akan dikerjakan.
e. Pilih zona yang akan dilakukan pembersihan secara khusus (deep clean) 1 minggu khusus satu zona. misal minggu pertama hanya kamar tidur utama, zona 2 .ruang keluarga, zona 3, dapur.dst. dan pada mingggu itu kita hanya berfokus pada satu zona.
Ketiga Konsep Konmari
Lain Fly lady lain lagi dengan metoda Konmaring yang lagi ngetrend. Jika dalam Fly Lady proses Ringkas cukup dilakukan dalam waktu 15 menit. Marie kondo mengajarkan untuk mengambil waktu khusus bisa seharian penuh bahkan 2-3 hari untuk membereskan barang tertentu…wow…untuk saya yang banyak krucil di rumah agak bingung juga menerapkan ini.
Jika Fly lady memulai kebersihan dari kinclongnya bak cuci piring, konmarie memulainya dari lemari pakaian. dengan alasan lemari pakaian adalah hal yang pertama akan kita lihat ketika memulai hari…wah..bener juga ya. konmari mengajak kita untuk mengkategorikan brang sesuai jenisnya bukan sesuai lokasi ada beberapa barang yang menjadi fokus :
1. pakaian : baju, kerudung, kaos kaki, dsb 
2. buku-buku
3. pernak-pernik
Untuk meringkas barang ini konmarie mengajak kita untuk mengeluarkan semua barang berupa pakaian hingga lemari kosong, kemudian pilih bukan berdasarkan penting tidak penting tapi mana benda yang menimbulkan perasaan spark joy…mana yang sangat kita senangi yang menimbulkan rasa senang dan bahagia ketika memilikinya… hemmm ada benarnya juga menurut logika saya kalau masih senang pasti masih dipakai..dan yang paling unik konmarie mengajarkan cara melipat pakaian . untuk melipat pakaian ini, banyak sekali contohnya di you tube.
Yang pasti setelah mempraktekan beres-beres baju…ada perasaan menyenangkan melihat deretan kerudung dan baju lebih rapi.
Sisanya untuk proses Resik, rawat dan rajin…jadwal dari fly lady bisa diterapkan..

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s