Tips Seputar Masak

image

Kali ini saya mau berbagi tips
mempersiapkan hidangan hasil copas dari Grup Dapur Sehat Ibu di FB… Sejak absha mulai MPASI deretan grup di fbku tidak jauh dari dapur dan belanja…

Langsung aja ya :

1. Tumisan sayuran
Pastikan wajan sangat panas.Tuang minyak, bisa ditambah salted butter untuk memperkaya rasa. Total menumis tidak lebih dari 7 menit untuk mendapatkan nutrisi yg baik, tekstur sayuran yang masih garing & warna yg cantik. Oleh karena itu pan harus panas. Sebaiknya dimulai dari sayuran yg tumbuh didalam tanah (root vegetable) terlebih dahulu, karena alaminya bertekstur lebih keras. Baru dilanjutkan dengan sayuran berdaun.

2. Merebus sayuran
Gunakan air dingin untuk root vegetable, tambahkan sedikit garam. Untuk sayuran hijau, masukkan ketika air sudah bergolak kecil. Maksimal 3 menit, kemudian angkat dan rendam dalam air es. Untuk kacang2an, masukkan dalam air
yg sudah panas, kecilkan api, tutup. Cek dengan pisau atau garpu. Jika sudah dapat diambil dg garpu berarti cukup matangnya, jangan sampai
hancur.

3. Daging sapi cincang
Gunakan yang berlemak sedang untuk membuat burger patties. Sebaliknya, gunakan yg tanpa lemak untuk membuat bolognaise.

4. Tumisan daging sapi
Gunakan bagian has dalam. Iris sangat tipis. Untuk memudahkan mengiris, bekukan daging 5 menit dalam freezer. Gunakan api yg sangat panas. Tuang minyak sedikit. Letakkan daging satu lapisan (tidak ditumpuk). Diamkan 5 menit, jangan diaduk2. Setelah kecoklatan, balik pelan2 dengan menggunakan penjepit. Masak sisi satu lagi 3 menit. Angkat.
Cara ini efektif untuk mengunci cairan alami (juice) dalam daging sehingga tidak kering. Sisa minyak & lemak yg menempel di pan bisa digunakan untuk membuat gravy / sauce. Tinggal tambahkan kaldu atau cream. Bumbui sesuai selera.

5. Tumisan daging ayam (tanpa tulang)
Gunakan fillet paha ayam karena
mengandung lebih banyak lemak, sehingga lebih juicy. Cara sama dengan tumisan daging sapi.

6. Steak daging sapi
Gunakan bagian sirloin. Sirloin adalah bagian sapi yg sering dipakai untuk bergerak, sehingga empuk & juicy.
Berbeda dg tenderloin yang cenderung jarang dipakai bergerak sehingga mnghasilkan steak yg kering. Bumbui minimal, garam & merica. Grill sesuai tingkat kematangan yg diinginkan. Angkat,istirahatkan terlebih dahulu dg dimiringkan untuk mengunci juice. Tambahkan sauce sesuai selera.

7. Steak ayam deep fried /schnitzel
Gunakan dada ayam tanpa tulang. Goreng dengan minyak hanya hingga kecoklatan.Matangkan di dalam oven kurang lebih 10 menit.

Semoga bermanfaat…

One thought on “Tips Seputar Masak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s