Sarapan Jus Buah atau Buah Potong bikin Awet Sehat

Jus bisa membantu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral,dapat membantu menangkal berbagai penyakit dan mempercepat proses penyembuhan. Jus juga kaya enzim yang dibutuhkan tubuh yang tidak terdapat pada makanan yang dimasak. Untuk mendapatkan manfaat optimal, biasakan anak minum

jus setiap hari. Ajari sedikit demi sedikit, mulai dari beberapa sendok makan hingga akhirnya mereka bisa minum 2-3 gelas sehari.
Ajari pula anak minum jus perlahan, seteguk demi seteguk agar jus bercampur dengan enzim yang ada di mulut yang akan membantu proses pencernaannya.
Jus buah sebaiknya diminum ketika perut kosong, kira-kira 1-2 jam sebelum makan atau di antara 2 waktu makan. Untuk mencerna jus buah, tubuh memerlukan waktu 10-15 menit. Jika diminum sesudah makan makanan berat – yang memerlukan waktu cerna lebih panjang, jus akan berubah jadi ragi di dalam perut sebelum dicerna. Jus buah tidak tepat diminum bersamaan dengan waktu makan karena akan mengganggu proses pencernaan.
Sebaliknya, jus sayur bisa diminum bersamaan atau berdekatan dengan waktu makan.Untuk membantu proses penyembuhan anak yang sedang sakit (terapi) akan lebih efektif bila jus tidak dicampur dengan
es.

Dikutip dari :
Tim Sarasvati. 2008. 100 Super Jus untuk Anak . Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, hal : 6-7

INFO dari milis gizibayibalita [Pak
Wied]:

1. apakah bisa buah apa saja? adakah yang tidak boleh dimakan
pagi2 untuk pengidap sakit maag?

1A. Buah untuk makan pagi dan kudapan pagi adalah
(a) buah suhu ruangan – jika selumnya disimpan dalam lemari es, harus dikluarkan dulu 2-3 jam sebelum dikonsumsi agar mencapai suhu ruang;
(b) selain duren dan nangka/cempedak, karena duren dan nangka/cempedak mengandung gula alkoholik yg mudah menaikkan kadar gula darah dan kadar lemak -khususnya kolesterol- darah [untuk yang sensitif, buah terlalu matang dan/atau terlalu manis, sebaiknya juga dihindari dan/ atau dibatasi];
(c) bukan avokad maupun tomat, karena keduanya rendah kandungan gulanya, sehingga tidak dikelompokkan dalam golongan buah, tetapi dimasukkan dalam golongan sayuran.

1B. Makan buah pagi2, bikin mules; itu hanya mitos dan keyakinan yang terus dipelihara turun-temurun. Padahal:
(1) produksi asam lambung
meningkat jika lambung terisi dengan makanan dan/atau kombinasi makanan sulit cerna, terutama makanan berlemak dan/atau kombinasi pati-protein-lemak dalam jumlah sama dominan (misalnya nasi padang).
(2) makan buah tidak merangsang produksi asam lambung berlebihan, tapi justru meringankan kerja lambung karena buah mengandung gula buah mudah cerna dan juga sudah dilengkapi enzim alami pengurai karbo sederhana dalam buah. Buah asam bukan pencetus nyeri lambung (sejauh dikunyah dengan baik), karena asam dalam buah adalah asam alami yang justru bersifat pembentuk basa
(alkaline forming). Yang merangsang membanjirnya produksi asamlambung adalah asam sintetis seperti cuka meja/cuka sintetis, yang bersifat pembentuk asam (acid forming).

2. apakah harus segera setelah
bangun tidur? bayi saya (9m)
bangun pagi sekitar jam 4 atau 5
pagi, apakah boleh sepagi itu makan buah2an ? saya biasanya minum asi dulu, baru sekitar stengah 7 atau jam 7 buah2an.

Boleh. Kalau dia belum lahap,
mungkin karena masih mengantuk, berikan saja jus buah (tanpa tambahan air/madu/gula/sirup/susu/dll). Diberi ASI dulu pun, boleh. Karena buah maupun ASI sama-sama jenis makanan mudah cerna, karena keduanya sama-sama memiliki susunan molekul sederhana dan memiliki kandungan enzim alami yang membantu memecah nutrisi sumber kalori (karbo-protein-lemak). Diberikan buah dan/atau jus buah ketika bayi bangun tidur adalah untuk membangun kebiasaan makannya, agar setelah besar pun dia akan terbiasa dengan pola ini (begitu
bangun tidur, langsung minum jus buah dan/atau buah potong – sebelum mencari makanan apapun lainnya).

3. apa betul buah2an tidak boleh dimakan bareng karbohidrat? .
Ya, sebaiknya buah-buahan dimakan terpisah atau 15-30 menit sebelum makan karbo/pati.

Alasannya: buah
mengandung karbo sederhana,yakni gula buah, yang mudah terurai. Jika gula terurai ini bercampur dengan makanan lain (yang belum terurai) dalam sistem cerna kita, maka gula akan “memfermentasi” nutrisi lain dalam karbo dkk, sehingga manfaat nutrisinya tidak bisa diserap optimal oleh tubuh kita. Karena itu, kita dianjurkan mengonsumsi buah ketika perut kosong, misalnya 15-30 menit
sebelum makan atau jeda di antara waktu makan (snack time).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s