Tips Menaikkan Berat Badan Anak

Bunda-bunda… Ini ada tips buat naikin BB anak..tnpa harus kasih dia sufor. Dapet dari grup HHBF

Jadwal makan rutin di jam yang sama setiap harinya,

7m makan 2x bubur dan 1x pure buah. Usia 8m+ 4x makan — 1x buah dan 3x bubur/tim, boleh 1x cemilan sehat non buah. Usia 10m+ bisa mulai 2x cemilan sehat non buah. Buah tinggi kalori : alpukat, mangga, pisang kepok. Konsumsi pure buah di pagi hari saat perut kosong segera setelah bangun tidur.

Konsulkan dengan dsa, kenaikan BB kurang disarankan ikut panduan mpasi WHO terbaru yang mengenalkan protein hewani (daging merah, ikan, telur) dan kacang-kacangan sejak 6m. Bisa ditambah mentega/santan/minyak di makanannya untuk meningkatkan nilai kalori makanan.

Menu utama bisa disajikan dalam bentuk double karbo (ada 2 jenis karbo dalam 1 menu. Penyajian sayuran ditumis daripada dikukus juga lebih banyak kalorinya. Durasi makan 30 menit, makan duduk tidak jalan-jalan. Porsi makan 6-9 m bertahap sampai 125 ml per porsi makan, usia 9-12 ml bertahap 125-250 ml per porsi makan.Jika belum sanggup, siasati pemberian porsi kecil tapi sering. Kalau masih asi, pastikan bayi menyusu sekenyangnya agar bayi mendapatkan hindmilk yang kaya kandungan lemak.

Bayi tumbuh gak hanya ke samping, tapi juga ke atas, otak pun berkembang. BB tidak bisa diliat hanya pada satu titik di satu waktu tapi pola kenaikannya pada grafik pertumbuhan. Klo tidak ada kenaikan BB 3 bulan berturut-turut atau cenderung turun bisa konsul dsa untuk cek kesehatan lebih lanjut.

2 thoughts on “Tips Menaikkan Berat Badan Anak

  1. seharusnya simbok saya dulu membaca posting ini, eh seharusnya posting ini ditulis dan dibagikan di pos pos yandu 30 tahun yang lalu, hihi

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s