Mengatasi Trackball Macet

Berawal dari kisah tragis BB8800 cintaku yang macet trackballnya. Yang macet tu yang ke bawah aja. Rada puyeng karna mau tak mau pake keyboard buat ngejalanin fungsi n menu2 yang ada.

Udah googling [cintaku yang googling], dan nemu tips. Tipsnya yaitu, ngebersihin trackball dari luar dengan minyak kayu putih atau alkohol. Dicobalah sama dia…tereret..dan “tidak berhasil”. Waktu itu di akan pakai minyak kayu putih, karena kebetulah persediaan alkohol di kotak obat habis. Lalu berkilah-lah dia, katanya “kudu pake alkohol ini, nek minya kayu putih gak manjur”. Aku tau maksudnya, secara halus dia nyuruh aku ke apotek buat beli alkohol. Okelah kubeli trus dicoba dan trus “tidak berhasi”.

Akhirnya aku yang googling, nemu cara yang berbeda. Ini harus buka trackballnya. Untuk tipe 8800, utungnya gak perlu pake buka casing. Tak simpen pagenya dan di laon hari ketika cintaku datang ke kost, kukasih lihatlah ke dia. Rupanya dia mau nyoba…begini ni kisahnya..::

1. Siapkan alat2, kaya pinset, obeng minus kecil, atau apapun lah yang bisa dipake buat ngungkit (“njugil”)..oiya, ditambah jug alkohol (atau pembersih lain) n kain.

2. Dengan pake pinset n obeng kecil tadi, ungkitlah lempeng penutup trackball..pokoke ati2 ya, jangan sampe ada yang patah. Kalo udah dilepas semua, jadinya gini2 ne BBnya

3. Kalo onderdilnya yang dilepas tu kaya gini

4. Segera bersihkan debu2 yang pada ngendon di onderdil2 itu..Kalao sudah, kembalikan lagi ke posisi semua.

Dengan cara-cara begitu, BB8800 nya bisa normal lagi,,,trackballnya mulus euy.. Hahahaa…sudah bisa buka servisan BB ne [tapi khusus trackball seri2 tertentu yang gak perlu buka casing]…hhohoho…senyum-senyum dia

16 thoughts on “Mengatasi Trackball Macet

  1. yg sederhana:
    ambil uang kertas baru (belum bau, kotor, lecek, lemes), lalu gosok2an di trakball nya dengan jempol dan beri tekanan
    lakukan kira2 3 menit, dan lihat hasil nya…

    mudah bukan???

    Like

  2. Trackball bb ku juga ngadat, tapi…iiyyyy… kayaknya riskan bangets yak?

    Atuuut…ngga beyani akyu.

    Like

  3. BB 8900 saya belom pernah nyoba..BBnya juga gak punya soalnya..hehehe….. Ini, cara yang berlaku untuk BB yang bongkar trackball-ny gak perlu buka casing

    Like

  4. kalo bb curve 8320 bisa gak ?? contoh trackballnya sama persis dengan yang di gambar …

    Like

  5. iya penyakitnya trackball g bs turun riskan amat kl bk cassing…..kayu putih g bs…gara2 tangan bekas pegang gorengan nie………..

    Like

  6. Halo . . . mau tanya nih . . . kalo nexian G801 macet gulir kebawahnya . . . kalo pake kayuputih kaga mempan . . . apa dong dipakee ? *bantu sayaa . . .

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s