Bebaqaran

Enaknya jika lagi dirumah..bisa masak apa saja dan dengan cara apa saja..

Ceritanya penuh dengan perjuangan untuk sekedar menikmati jagung bakar yang hmmmm enak pastinya. Dari nyalain areng yang biasannya cuman gak ada lima menit udah jadi, tapi ini sampe 20 menit lebih. Ditambah pula kipas bambunya udah kering dan sampe ‘prothol’ [hoho..bahasa apa ini]. Tapi akhirnya bisa juga, padahal emakku udah nyerah,

Akhirnya,,,,,,,,aku mbakar jagung sendirian..di depan pintu keluar dari dapur ke sumur. Panggangannya pun cuman pake wajan. Jangan salah ya…gak gosong kok..yuhuuuuuuuuu.
Setelah mateng, baru deh emak n adikku berdatangan mengambil jatah..hehe..

Gak puas bakar jagungm selanjutnya bakar ubi alias “telo pendhem”. Ini idenya adiku dan berhasil dengan gosong.

Lanjut menu yang ketiga…”telor linting”. Ini pun juga ide adikku [tumben ne aku gak keluar ide masak, lah..udah sangit semua ni baju n badan]. Telor diceplok di atas daun pisang trus dikasih garam, dibungkus trus di bakar. Enak loh rasanya..yang bikin tambah enak tu aroma daon pisang yang kebakar.hmmm yummi.

Terakhir aku bakar ikan [setelah Bapak pulang dari mancing]. Dapat nila ukurang sedeng [1 kg =6 biji]. GAk pake bumbu macem2, cuman garam dan kecap..hohoho..pertama tu ikan diselimuti pake daun pisang, dibakar, trus kalo udah setengah mateng haru dibuka dan dibakar lagi biar airnya kering plus ditambah kecap..hm….baunya aja udah enak.

Udah selesai bakar ikan..ku udah gak tahan dengan bau asep di bajuku.. Waktu itu aku udah abis mandi lo, sebelum memulai bebakaran. Tapi berhubung aku udah males mandi jadi cuman ganti kaos aja..hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s