Contoh Hasil Penelitian (Skripsi) Pendidikan

awas skripsi

awas skripsi

Berikut ada beberapa hasil penelitian yang aku rangkum dari beberapa karya (aku membaca di Perpustakaan Pusat UNY).. Aku juga sedang dalam proses pencarian materi untuk bakal calon proposal skripsiku..hiks..semoga bisa secepat-cepatnya.

1. Judul: Persepsi Siswa Teknik Elektronika terhadap Kompetensi Mengajar Guru Mata Pelajarn Produktif Jurusan Teknik eEektronika SMK Muda Patria Kalasan Sleman Yogyakarta tahun 2008 (Ardiyanto Nugroho, UNY:2008)
Rumusan masalah:
a. Bagaimana persepsi siswa kelas X, XI, dan XI terhadap kompetensi persiapan pembelajaran yang dilakukan guru mata pelajaran Produktif di SMK Muda Patria tahun 2008?
b. Bagaimana persepsi siswa kelas X, XI, dan XI terhadap kompetensi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru mata pelajaran Produktif di SMK Muda Patria tahun 2008?
c. Bagaimana persepsi siswa kelas X, XI, dan XI terhadap kompetensi evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru mata pelajaran Produktif di SMK Muda Patria tahun 2008?
Desain: deskriptif; studi kasus/penelitian lapangan; pendekatan kuantitatif
Subjek Penelitian: Seluruh siswa jurusan Teknik Elektronika SMK Muda Patria yang terbagi dalam kelas X, XI, dan XII yang diajar oleh guru mta pelajaran produktif
Objek Penelitian: Guru Mata Pelajaran Produktif SMK Muda Patria
Jumlah populasi: 340 siswa, sampel: 180 siswa (proportional random sampling)
Instrumen: Kuesioner/Angket (tertutup)
Teknik Analisa Data: Statistik Deskriptif Kuantitatif
Hasil:
a. Persepsi siswa kelas X, XI, dan XI terhadap kompetensi persiapan pembelajaran yang dilakukan guru mata pelajaran Produktif di SMK Muda Patria tahun 2008 mempunyai kecenderungan tinggi/baik dengan prosentase 47,0%
b. Persepsi siswa kelas X, XI, dan XI terhadap kompetensi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru mata pelajaran Produktif di SMK Muda Patria tahun 2008 mempunyai kecenderungan tinggi/baik dengan prosentase 47,0%
c. Persepsi siswa kelas X, XI, dan XI terhadap kompetensi evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru mata pelajaran Produktif di SMK Muda Patria tahun 2008 mempunyai kecenderungan rendah/kurang baik dengan prosentase 47,0%
d. Persepsi siswa terhadap kompetensi evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru mata pelajaran Produktif di SMK Muda Patria tahun 2008menyatakan bahwa guru mata pelajaran produktif belum memberikan ilmu secara maskimal kepada siswanya.

2. Judul: Studi Kelayakan Fasilitas Fisik dan Kemampuan Guru dalam Menunjang Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Jurusan Elektro SMK Negeri 2 Pengasih (Amin Prihatin Istiarto, UNY:2008)
Rumusan Masalah:
a. Bagaimanakah kelayakan sarana dan prasarana di Jurusan Elektro SMK Negeri 2 Pengasih dalam mendukung proses pembelajaran Teknologi Informasi?
b. Bagaimanakah kelayakan kemampuan guru di Jurusan Elektro SMK Negeri 2 Pengasih dalam proses pembelajaran Teknologi Informasi?
Desain: deskriptif, non eksperimen, pendekatan kuantitatif
Populasi: guru pembimbing Teknologi Informasi di Jurusan Elektro SMK Negeri 2 Pengasih. Sampel = populasi (penelitian populasi)
Instrumen: Kuesioner/Angket (tertutup) dan observasi peneliti
Teknik Analisa Data: Statistik Deskriptif Kuantitatif
Hasil:
a. Tingkat pencapaian fasilitas fisik adalah layak dengan prosentase 71,15%. Tingkat pencapaian untuk kategori hardware adalah cukupdengan prosentase 53,12%. Tingkat pencapaian kategori software adalah sangat layak dengan prosentase 100%.
b. Kemampuan Guru secara keseluruhan adalah layak dengan prosentase 75,88%
Kemampuan guru msing-masing aspek adalah sebagi berikut:
1) Tingkat pencapaian kemampuan guru dalam menggunakan perangkat komputer secar umum sebesar 80,82% atau dalam kategori sangat layak
2) Tingkat pencapaian kemampuan guru dalam menggunakan jaringan dan internet secar umu sebesar 80% atau dalam kategori sangat layak
3) Tingkat pencapaian kemampuan guru dalam menggunakan software aplikasi, multimedia, dan hypermedia secar umum sebesar 66% atau dalam kategori layak

3. Judul: Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah ( Problem Posing ) Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Bertanya Siswa (Rini Susanti, UNJ:2008)
Rumusan Masalah:
Apakah dengan penerapan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan aktivitas bertanya dan pemahaman konsep turunan fungsi siswa kelas XI IPS di MA Annajah Sesela Gunug sari Tahun Pelajaran 2007/2008 ?
Subyek penelitian: siswa kelas XI IPS 2 MA Annajah Sesela Gununagari tahun pelajaran 2007/2008.
Obyek penelitian: penerapan pembelajaran model problem posing dan konsep turunan fungsi.
Jenis penelitian: penelitian tindakan kelas ( class room action research)
Hasil:
Selama pelaksanaan tindakan yang dilakukan selama dua siklus ini terlihat bahwa terjadi peningkatan hasil pemahaman belajar dan aktifitas bertanya siswa selama kegiatan penbelajaran. Adapun kegiatan peningkatan ini dapat dilihat dari kenaikan hasil pemahaman dan aktifitas bertanya siswa tiap siklusnya. Sementara itu untuk pelaksanakan model problem posing dengan cara diskusi kelompok diperoleh bahwa penggelompokkan dengan anggota kelompok 5-6 orang sangat efektif karena dipilih berdasarkan kepandaian siswa. Hal ini bisa dilihat dengan berkurangnya tingkat kesalahan siswa selama diskusi membuat dan menjawab soal.

4. Judul: Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Loyalitas Siswa Dalam Membayar Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (Spp) Studi Kasus Pada Sma Di Kecamatan Jampangkulon Kabupaten Sukabumi Tahun Pelajaran 2005/2006 (Holim: 2006)
Rumusan Masalah:
Adakah pengaruh antara pendapatan orang tua siswa, jumlah kekayaan orang tua siswa, dan pendidikan orang tua siswa terhadap loyalitas siswa di 3 SMA di Kecamatan Jampangkulon Kab. Sukabum dalam membayar SPP?
Metode penelitian: deskriptif analitis
Hasil:
Status sosial ekonomi keluarga dengan 3 variabel prediktor (pendapatan orang tua siswa, jumlah kekayaan orang tua siswa, dan pendidikan orang tua siswa) menunjukan pengaruhnya terhadap loyalitas siswa hanya 17,0% sedangkan sebesar 83% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti

5. Judul: Efektifitas Penggunaan Piranti Petunjuk Arah elektronik sebagai Alat Bantu Tunanetra di SLB A YAAT Klaten (Eko Arianto, UNY:2008)
Rumusan Masalah:
a. Apakah ada perbedaan tanggapan siswa SLB A YAAT Klaten yang menggunakan tongkat dan menggunakan piranti petunjuk arah elektronik sebagai alat bantu?
b. Seberapa efektif alat bantu piranti petunjuk arah elektronik jika dibandingkan dengan tongkat sebagai alat bantu?
c. Apa keunggulan alat bantu piranti petunjuk arah elektronik jika dibandingkan dengan tongkat?
Desain: One Group Pre Test – Post Test Design
Populasi: Semua siswa di SLB A YAAT Klaten dari SD sampai dengan SMP
Sampel: Siswa yang berumur 11 tahun ke atas (sampling purposive)
Instrumen: dokumentasi dan wawancara langsung (kuesioner)
Teknik Analisa Data: Statistik Deskriptif Kuantitatif
Hasil:
a. Adanya perbedaan tanggapan siswa SLB A YAAT Klaten yang menggunakan tongkat dna piranti petunjuk arah elektronik sebagai alat bantu
b. Piranti petunjuk arah elektronik lebih efektif daraipada tongkat sebagai alat bantu. Skor rata-rata kelompok eksperimen sebesar 77,85% dan kelompok kontrol 58,25%
c. Kelebihan rompi bicara yang lebih menonjol daripada tongkat adalah kemampuan untuk dapat mengukur jarak rintangan secara cepat, melindungi semua bagian tubuh terhadap rintangan, tidak mengganggu makhaluk lain saat digunakan, mendeteksi objek tanpa bersentuhan langsung pendeteksian jauh, dan aktifitas lain tidka terganggu ketika menggunakan alat bantu ini.

Rangkuman ini aku buat sebagai bahan tugas Mata Kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan.:)

About dhesiana

just write "dhesiana" and press enter
This entry was posted in act. Bookmark the permalink.

33 Responses to Contoh Hasil Penelitian (Skripsi) Pendidikan

  1. eko says:

    gmna cara downloadnya?

    Like

  2. dhesiana says:

    @eko
    Wah, ini bukan donlotan mas, tp baca di perpus. Kalau mau, datang aja ke perpust pusat UNY lantai 3.

    Like

  3. riva yolanda says:

    gimana downloadnya???????
    kash yau donk
    oy, tolong kirimkn sripsi tentang fisika dunk???
    thanks before

    Like

  4. aini says:

    tolong carikan contoh subjek penelitian dalam metode penelitian skripsi

    Like

  5. naja says:

    ada ga contoh kuesioner penelitian pendidikannya ? klo ada tlg kirimi yah…tahnks

    Like

  6. naja says:

    tlg ya dikirimi lewat emailq naja_elmandary@yahoo.co.id

    Like

  7. srie says:

    makasih ya aq sangat terbantu sekali.tq ya

    Like

  8. dhesiana says:

    Sama2 sarie. salam kenal

    Like

  9. dhesiana says:

    Sama2 srie

    Like

  10. yanti says:

    kasih contoh kuisiner tentang kepuasaan kerja dan kepuasan di bidang pendidikan

    Like

  11. dhesiana says:

    @yanti
    Makasih dah mampir. Maaf, saya hanya menulis hasil-hasil penelitian yang ada saja..belum membuat kuesioner

    Like

  12. radith says:

    ADA PENELITIAN TENTANG PERBEDAAN MAHASISWA D3 DAN SISWA SMK GAK YAH??
    URGENT??
    08562948094

    Like

  13. radith says:

    INI EMAILKU: radith_cool18@yahoo.com
    thanx b4 ya des??
    aku uda pendadaran tapi permasalahan kurang tajam gtu..

    Like

  14. meutia says:

    emm….penskoran untuk aktivitas bertanya siswa bgmn crx yaw?
    krm ke chy.meutia@rocketmail.com
    08175704604

    Like

  15. rara says:

    bisa minta tolong buatin contoh kuesioner untuk masalah produktivitas kerja perawat siapa aja yang bisa. kompir ke no ni ya 081915790974

    Like

  16. Olah Data Skripsi
    send me : arif_talang@yahoo.com
    085642604544

    Like

  17. rany says:

    toolooong kirim skrifsi u/ biologi dunkkk …
    toolooonnnng bangeeeeet yaaacch

    Like

  18. dhesiana says:

    @meutia : untuk penskoran kan ada dua intinya yang kita pakai acuan normal atau acuan patokan. maksudnya dibandingkan dengan nilai yang sudah ditetapkan atau dengan nilai di kelompok itu sendiri. untuk lebih jelasnya ada di buku2 tentang penilaian atau bukunya Riduwan tentang skala pengukuran variabel penelitian

    @rara : wah, saya di bidang pendidikan ne..bukan kesehatan πŸ˜€

    @Sandi_rasta Tegal : walah, numpang ngiklan yawh…aku mending tak olah sendiri..bisa dipelajari.

    @rany : lebih lengkap kayaknya ke perpust aja deh…heheh

    Like

  19. RA says:

    mw donk judul2 bwt skipsi pendidikan teknik elektro yang lain buat inspirasinya…..
    makasih banyak

    Like

  20. dhesiana says:

    @RA
    uhm…apa ya..kalo pendidikan si secara umum sama judul2nya meski jurusannya lain. palingan beda di mata pelajaran saja. tentang ‘metode pembelajaran” munkin bisa dipilih. kana banyak macam tu metode pembelajaran. jadi semacam penelitian eksperimen. mungik satu ide ini bisa membentu. πŸ™‚

    Like

  21. chyqa says:

    aku mau tahu hasil skripsi tentang pendidikan

    Like

  22. chyqa says:

    saya juga bingung nie, mau buat jurnal bagaimana?

    Like

  23. jtr says:

    tlg kirimin saya hasil penelitian pendidikan yau, tq

    Like

  24. sha says:

    perpus UNY dmn y?

    Like

  25. afsari says:

    puyeng ternyata….

    Like

  26. Sigit says:

    Makasih banyk aku, sngt terbantu…..
    udh gtu sama semua sama contoh di bku aku, cuman bedha judul…. thx thx….

    Like

  27. siti prihatin says:

    ya, bagus sih bwt memperkaya aku juga mo bwt propsal tesis ada yang mo urung rembug masalah apa yang harus kuangkat? aku ini masih studi lanjut bidang pendidikan bahasa n sastra in, tq berat bwt yang mo urun rembug lasung ke emailku yaaa…Psitiprihatin@yahoo.com

    Like

  28. Lia says:

    iiiih.. makasih banget ya… πŸ™‚
    berguna banget ni untuk ngerjain tugas Metolid saya..

    makasi ya πŸ™‚

    Like

  29. fathimah says:
  30. morjani X11 says:

    aq perlu contoh hsil pnlitian knakalan remaja

    Like

  31. erna says:

    tlogggg bri cntoh skripsi tentang pelanggaran ham dounkkk,,,,,,
    plissss,,,,,,,

    Like

  32. puji says:

    masnya…
    bisa tolong untuk bantu carikan teori tentang pengaruh fasilitas pendidikan berbasis IT terhadap efektivitas belajar…
    085250316267

    Like

  33. pri abdul says:

    tlong buatkan penelitian tentang msalah pendidikan diindonesia ya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s