My Stuff__Nokia 3120 Classic

Handphone ini aku beli 4 hari sebelum lebaran tahun 2008. Awalnya ingin punya Hape yang udah Symbian, tapi Nokia baru yang udah symbian ternyata yang paling murah tu diatas 2 juta…Uuh..padahal budget yang ada cuma di bawah 1,6 juta. Setelah berpikir pikir dan membanding-bandingkan dengan yang harganya sama, akhirnya pilihan jatuh pada Nokia 3120 classic. Aku beli hape ini di graha Nokia yag ada di Amplaz dengan harga Rp 1.525.000.

Nokia 3120 C

Ok..kita mulai review stuff_ku yang satu ini.

1.  Layar

Nokia 3120 Classic bukan merupakan ponsel yang tercanggih. Namun teknologi layar yang dibenamkan sudah mendukung 16 juta warna. Menggunakan layar jenis TFT beresolusi 320×240 pixel terbilang pas dengan bodinya yang tipis dan simpel. Layarnya didesain menjadi tersembunyi jika ponsel dalam keadaan siaga, maksudnya jadi gak kelihatan. Pada modus siaga ini warna huruf dapat diganti sesuai keinginan.

2.   Kamera

Bekal kamera 2MPix plus lampu flash menjadi keunggulan ponsel berbodi tipis ini. Pengaturan-pengaturan yang menyertainya antara lain white balance, brightness dan pilihan resolusi gambar hingga 1200×1600 Pixel. Dengan layar 16 juta warna, gambar hasil jepretan kamera yang ditampilkan sangat jernih. Dan saat gambar ditransfer ke komputer, hasilnya tidak mengecewakan.  Dari hasil pembandingan dengan Nokia 6120 classic yang sama-sama mempunyai kamera 2MPix, hasilnya lebih bagus dan lebih jernih.

3.   Audio

Pemutar musik juga menjadi salah satu fitur andalan. Untuk mendwonload musik, bisa langsung terhubung dengan website nokia. Kapasitas memori eksternalnya bisa menampung hingga 4GB, sehingga pengguna bisa leluasa menyimpan file musik. Dengan stereo widening suara yang keluar dari pemutar musik menjadi maksimal. Tersedia juga radio FM dan voice recorder sebagai pelengkap fitur audio. Namun, meskipun ada fasilitas ‘equalizer’, hasil suara tidak banyak berbeda apalagi ketika tidak menggunakan headset.

4.   Internet

Fungsi internet ini yang menjadi hal tersering aku gunakan. Jika sinyal 3G di lokasi yang sedang  datangi cukup kuat, berselancar di dunia maya dengan Nokia 3120 Classic menjadi lancar. Dalam menu aplikasi tersedia web browser Opera Mini, yang bisa diinstall dan langsung bisa digunakan untuk mengakses website. Tidak sulit pula untuk meninstal sendiri berbagai aplikasi java yang berhubungan dengan dunia maya. Sampai sejauh ini aku menggunakan Opera 4.2 untuk browsing (aku suka, karena ada fasilitas ‘save pages’) dan beberapa aplikasi IM (yamee 1.3, ebuddy 1.0, shmessenger 3.0, ymtiny). Tanpa 3G pun bisa lancar dengan EDGE  dan GPRS. Satu lagi yang aku sukai ponsel ini punya setting internet otomatis untuk operator selular Indonesia

5.   Konektivitas

Bluetooth jadi koneksi andalan untuk berhubungan dengan perangkat lain. Bluetoothnya dapat mentransfer 4 buah gambar resolusi 1200×1600 Pixel sekaligus dalam hitungan detik. Untuk menghindari hilangnya data-data seperti daftar kontak, bisa diback-up ke komputer menggunakan koneksi PC Sync. Sebelumnya jangan lupa instal dulu aplikasi PC Suite ke komputer. Bisa juga menggunakan kabel data, namun karena dalam pembelian tidak disertakan kabel data dan di pasaran masih sulit untuk mencari yang tidak oroginal Nokia (kalo oroginal harganya 400ribuaan0 aku hanya mengandalkan bluetooth. Aplikasi PC Suite juga tidak disertakan dalam pembelian, namun kita dapat dengan mudah mendownloadnya.

6.   Memori

Kapasitas memori internal Nokia 3120 Classic adalah 24 MB. Untuk kemampuannya di kamera dan musik, rasanya memori sebesar itu tidak banyak menampung file. Tapi jangan khawatir, dengan teknologi hotswap, memorinya bisa diperluas hingga 4GB menggunakan memori micro SD. Yang agak merepotkan, untuk memasukkan memori harus membuka bagian belakang ponsel. Letak hotswap ada di sebelah baterai.

I Love My 3120C……..Ups oiya..jika didiamkan dalam keadaan siaga, bekal baterai lithum berkapasitas 1000 mAh ini bisa bertahan hingga lebih dari 3 hari. Dan dalam pengisian full, kemudian digunakan untuk musik dan internet selama 3 jam, bar baterai berkurang 1 dari 3 bar yang ada. Biasanya hape ini aku pake onlen YM (tiap hari malah) jadi tiap hari kudu ngecas 😀

ADA YANG PUNYA?????

178 thoughts on “My Stuff__Nokia 3120 Classic

  1. Thank you for every other excellent article. The place else may just anybody get that
    type of information in such an ideal way of writing?

    I’ve a presentation subsequent week, and I’m at the search for such info.

    Like

  2. saya mau tny donk, koq kalau mau bluetooth foto melalui nokia 3120 classic gk bisa ya? tolong jwb ya pertanyaan ny ke email saya.. thanks

    Like

  3. biasanya mslah3120c chasing tulang kanan kiri retak, sm registri kartu sim gagal,, ada yang tau cara ngakalinnya? mau kembali ke pengaturan awal paswordnya lupa, udh 4 tahun make nih,,, msih bener sbnernya kalo ga kebanting2

    Like

  4. Greetings, There’s no doubt that your web site could be having browser compatibility problems. Whenever I look at your web site in Safari, it looks fine but when opening in I.E., it’s got some overlapping issues.
    I simply wanted to give you a quick heads up! Aside from that, wonderful blog!

    Like

  5. At this time it looks like BlogEngine is the best blogging platform available right now.
    (from what I’ve read) Is that what you’re using on your
    blog? pure green coffee bean extract au – green coffee advanced
    liquid – green coffee supplements dr. oz

    Like

  6. saya mau tanya hehe saya masih punya hp nokia 3120classic nih. Saya pake videocall, tp saat videocall saya tdk bs melihat lawan bcra saya, tp lawan bcra bs melihat saya. Apa yg salah ya?malah saya cuma melihat wajah saya saja.

    Like

  7. Mau tanya dong, kira” masalah operator apa hpnya!! soalnya kalo hp nokia 3120c dibwa ke tempat” tertentu kaya gedung” sering ga ada jaringannya, padahal hp lain yg pake operator yg sama (misal 3) jaringannya full.
    Itu yg bermasalah hpnya apa operatornya ya?
    Di tunggu balesan secepatnya!!
    Makasi 🙂

    Like

  8. hiks…saya pakai hp ini udah 1 tahun,beberapa hari yg lalu pada saat saya charge,ada sms masuk trus tiba2 hang,dan sampai sekarang mati, kalo di charge juga tidak mau,kenapa ya 😦

    Like

  9. sy mo tanya ,,, sy jg pkjai nokia 3120 c ponsel ini warisan dr saudara saya ,, sy pkai karena design yg simpel tp ada sedikt masalah yaitu applikasi pihak ketiga yg sy download (op.mini, ucc browsew, yahoo msg dll) tidak bisa digunakan dengan keterangan akses tidak diperbolehklan padahal settingan GPRS sudah ak6tif dan jika browser mgunakan web bawaan ponsel sudah bisa?
    apakah ini masalah dengan sertiffikat yg mengharuskan sy update/upgrade firmware atau sofwarenaya atau bagaimana?
    mohon balas lewat email ku….

    anwar.hairul_msg@yahoo.co.id
    thanks….

    Like

  10. aku juga pake hp ini.. mau tanya dong, cara backup sms nya gmn? soalny sms aku dah ribuan.. mau diapus sayang.. maunya dibackup aja..
    entah disimpen di memori card, or di komputer.. maunya si bs disimpan di kompi.. tapi ga tau caranya.. bs bantu kah?
    tx 🙂

    Like

  11. kalo memory telepon kita penuh gara2 kita mendoiwnload sesuatu lewat bluetooth.. tapi kita ga bisa hidupin hp karena sewaktu hp di hidupkan pasti langsng mati lagi.. gmn caranya biar format telp memori ? (nokia 3120 c )

    Like

  12. @ all:
    ini emang hape gak kalah keren ma yang udah pada ada OS nya.. yang sampe sekarang masi suka tu kualitas kameranya..jernih gtu. plus juga gak ada suara pas take capture..gak seperti yang laen..jadine gak malu2 kalo mau narsis2 di tempat umum..hehehe

    Like

  13. Hallo
    gw jg pake ni hp,malahan dah hmpir 2,5 th,trus yg gw seneng ni hp sesuai ama gw,baik dr aplikasi,tool etc
    tp sayang,hp gw pnah dibanting ama anak gw,pecah lcdnya doang,jeroan ama body sih gpp,,
    kbtulan ada salah tmn sy yg pny konter,kt dia ada lcd yg sama,bukan ori tp kw 1,hrgnya 150rb.
    Jdnya malah makin terang hp gw,lebih bgus dr ptmannya.padahal awalnya aja gw dah ragu
    luv my 3120c

    Like

  14. 3120classic emang keren dan tangguh

    udah setahun q lewat 1 bulan q memiliki nya…

    gak ada masalah

    kualiatas video nya tu lho yang nggak nguati…..keren abis…dah…jernih bget untuk standart hp tersebut

    sempet jatuh dari kasur pasien 3-4 kali …
    tetep TAHES aja tu……

    gak salah gue pilih lu 3120classic…

    Like

  15. Aq pngguna 3120c jg,aq instal apps,operamini,BOLT,mig33,nimbuz,dll nya,aq pkai krtu tlkomsel,brselancar di dunia maya ok lah,pas aq pkai krtu axis,smua apps g’ bs di pkai,tlng bntuan nya,setting manual kartu axis di ponsel aq,krm lwt email aq ya,
    a.andi19@yahoo.com

    Like

  16. Salam kenal…
    Aq juga pengguna N 3120 c.
    mantap.. cuma sayang tak ada OS hahahaha….
    Coba ada fasilitas office-nya.. semakin mantap 🙂

    Like

  17. wah aku jg pake tu N3120c na…
    emg keren n mantabz biasaya aku pke bwt surfing,cek mail n game cz ketajaman warnanya bgs hehehehehe…
    Oya mw nanya ni cara update Yahoo!GO nya gmn ya?

    Like

  18. mbak admin . . .
    saya juga pengguna 3120c . . .
    maren hp saya jatuh lumayan keras . . .
    saya takut kamera depan nya gag berfungsi gara2 jatuh . . .
    gimana ya mbak cara ngetest nya selain dengan video call ??
    trims . . .

    Like

  19. @yuda:
    Iya, kamera depan tidak bisa difungsikan untuk mengammbir gambar layaknya kamera belakang.

    “saya baca di koran kalo hp ini gak punya browsernya ya???”
    –> maksudnya apa ya? hp ini gak punya browser[tanpa nya] ??… bawaannya ada wap dan opmin 3, kalao mau instal yang opmin 4 atao di atasnya juga bisa kok.

    Like

  20. @dyckz:
    mksdnya ol facebook gmana ya? buka hal web dari opmin atau chat?
    kalo yg dimaksud buka hal web dari opmin (browser lain), secara otomatis akan load ke versi mobile (meskipun kita ketikkan alamat http://www.facebook.com. tapi, lalu ada opsi untuk buka di facebook standar. bukankah m.facebook.com itu memang diciptakan untuk yg dibuka via mobile phone..:)

    Like

  21. @cr rifkiy :
    untuk tsel dan indosat settingan sudah otomatis. nah kalau mau pakai jaringan 3g kita tinggal mengaktifkan. bisa jadi itu belum diaktifkan makanya belum bisa dipakai. coba cek di phone setting – network. apakah yang dipilih yang ‘dual’ atau yang ‘umts’. kalao dual, jaringan akan mencari 3g dulu, kalau tidak ada baru menggunakan gprs..sedangkan kalao umts berarti hanya menggunakan (memilih) jaringan 3g..(kalau tidak ada jaringan 3g, ya jadinya tidak ada sinyal). Kalau di lokasi kita ada jaringan 3g, setelah fitur diaktifkan (yang saya sebutkan barusan) akan muncul tulisan 3G di atas sinyal bar.

    Kembali ke pertanyaan, yang dimaksud gak bisa dipakai itu gimana? tidak bisa connect?? cek dulu, di posisi standby ada sinyal tidak..trus coba cek di opmin : menu/tools/setting/protocol. ada dua pilihan socket dan http, coba ganti (pindahkan ada pengaruh atau tidak.

    Like

  22. kk

    aq punya hp N3120c keren sih hpnya tapi 3Gnya ituloh g ke pake gi mana ya setingnya aq pake im3 kalau mba pake apa setingnya????

    tolong ya sekalian nanya harga kabel data n 3120c berapa ya

    permisi

    Like

  23. @fian :
    1. sudah otomatis kok, tinggal ganti setting network di UMTS.
    2. secara umum iya, namun juga sangat tergantung pada hp-nya. SE memang lebih tangguh daripada NOKIA.Kalao kaya model hape ini sebaiknya jangan dipakai modem lama-lama (apalagi sampe seharian). Batere cepat habis, karena daya yang dibutuhkan juga besar (otomatis cepat panas). Hape ini didesain dengan fungsi utama memang untuk komunikasi mobile, jadi kalo mau pakai modem ya mending beli modem aja, sekarang dah murah kok.
    3. uhm…coba di daerah kranggan itu. tapi ya ga tau juga yang murah di mana. setauku di situ.
    4. secara normal gak kok..it’s fine

    @dhie: nah, ini salah satu kekurangan n3120c…gak bisa diatur kontrasnya..heheh

    Like

  24. permisi..
    saya pengguna 3120C udah satu minggu..
    sip, harga murah fitur wah..
    so saya pengin memaksimalkan hp ini.

    1. setting 3G pada simpati bagaimana ya mbak?
    trus simbolnya dibawah sinyalnya kah?(sprti hp 3G lain),saya di 3G area (Sleman).
    2. kata nya kalo HP dijadiin modem cepet panas dan baterai bakal jebol?(apa benar)
    3. info mini bus USB yg murah ad dimna ya (jogya).
    4. kalo menambah memori 1 Gb bikin lemot ga?

    thanks before..

    Like

  25. @c_mi
    Udah tak tuliskan caranya di atas, kalo masih bingung telp operator aja..nanti pasti dibantu kok.

    @ratnamani masanti
    Hadew…gimana??? dah bisa idup lagi belom hapenya??? langkah pertama begitu tau kecemplung, segera diangkat dari aer..tru dimatiin..dibongkar semuanya..dilap pake kain biar pada nyerep tu airnya.

    @pee .. wee .. eeN
    Seepp keren pokoknya..

    Like

  26. @Andi : Masuk aja ke menu setting – phone – network- utms

    @rommy : bisa kok pakai yang dua kepala. masalahnya bukan di kepala satu atau kepala dua tapi pada headsetnya itu sendiri. Kalo bukan ori biasanya memang cocok-cocokan..makanya (berdasarkan pengalamanku), penjual headset selalu menyarankan kita bawa HPnya ketika mau beli biar sekalian bisa dicoba..kan gak ada garansi. 🙂

    @edi : daya tahan batere tergantung jenis pemakaian. seberapa sering ponsel digunakan untuk mengakses aplikasi..data transfer (internetan), main game, telpon, sms. trus apakah juga fungsi 3G network selalu aktif.

    @dyckz : Untuk telkomflash kan sudah ada harga paketnya, jadi ya tinggal menyesuaikan dengan paket yang diambil. Fungsi HP sebagai MODEM ya pada prinsipnya sama dengan MODEM2 biasa (yang bukan HP maksudnya). Kecepatan R/W tergantung dari kondisi jaringan operator dan modem serta PC yang digunakan. Untuk lebih murah mana ya….membandingkannya tidak setara. hehe…ngenet lewat HP tentu saja lebih kecil data yang di-‘load’..misalnya untuk membuka blog saya ini, dengan menggunakan HP hanya menge-‘load data 32kb (kalau 1kb = Rp 1, berarti Rp 32). Lain halnya apabila dengan PC, sekali loada bisa 300an kb apalagi jika semua fungsi visual dan audio diaktifkan..namun , tentusaja kepuasan yang dirasakan beda. Ini perhitungan secara volume based. Namun, biasanya model langganan internet operator sekarang sistemnya time based.sesuai kebutuhan saja lah.

    Like

  27. mbak,mau nanya ni,kalo pake nokia 3120 classic buat MODEM,(bukan ngenet pake hape),>telkomsel flash,perhitungan biaya akses gimana,apa lebih murah atau sama kalo ngenet pake hape?thanks for infonya,makaci

    Like

  28. aku jg dah punya 1 thun yng lalu smapai skr masih aku pakai, tapi aku belikan dengan harga 1,7 itupun g sama kartu memorinya….o y aku belum tau cara mengaktifkan 3G nya! ada yng bisa bantu? kartu aku Telkomsel….

    Like

  29. @indroyasilo
    Maaf lama balasnya, pakai hape trobel gak tau kenapa.. enak kok kipednya. gak kecil2 amat.. Bapakku juga pakai ni hape.

    @dimaz
    setting IM langsung kok..

    @nawawi
    coba cek apn, username, dan passwdnya (sesuaikan dengan operator ybs)..oiya..install PC Suite juga to?

    @randi
    iya betul..itu karena 3120c generasi S40.. Di atas udah ada pembahasannya..:)

    @quicl
    Wah ya nabung dulu….

    Like

  30. mba aq mw tanya koq kalo main game gk bisa di save ya, trus kalo aplikasi ditutup gk bisa minimize knapa ya? apa itu yang dinamakan tidak multitasking.. trima kasih

    Like

  31. mbak dhes,
    mo nanya kalo konek ke pc kok gak bisa ya, aku pake kabel data yg dibeli terpisah via usbnya.
    kalo dihp nya lancar aja tuh. oh ya aku pake simpati flash. makasih banyak mbak atas bantuannya. mohon dijawab ke email saya. matursuwun..

    Like

  32. Haloo…
    Saya mau tanya nih..
    Nokia 3120c itu klo membaca sms tulisannya besar2 tidak?coz aku mau beli buat papaku, tapi bingung.
    Oia itu tidak pakai joystik kan Ya?
    enak tidak klo buat ngetik sms?
    Trims yaaa…

    Salam kenal

    Like

  33. Operamini di 3120c adalah versi 3.
    Trys buat heru, memang iya kalau sering dipakai untuk jalankan aplikasai baik itu mutar mp3, foto2, internetan…batere cepat habis.

    Like

  34. gue baru beli 3120C kemaren di solo hny 1.1
    mangstabs abizzz…..
    tp ya itu permasalahnnya ada di opra mini, mang bawaannya 3120C opera mini yg keberapa sih??

    Like

  35. @Fey
    Nokia 3120c bisa dipakai buat modem via blutut, tinggal setting jenis koneksi di PC suitnya. Tapi jangan lupa di lapti harus ada blututnya dan dalam kondisi on :-p. Aku juga pernah konek internet pakai blutut dengan HP ini.

    Like

  36. Dear Mbak,

    Mbak, nokia 3120c bisa dipakai untuk modem via blutut ke lapti gak?
    Saya kebetulan lagi perlu hp yang bisa di pakai buat modem, karena saya pake IM2, kmrin saya liat di counter, harga 3120c skrg 1jtan. . . thanks

    Like

  37. sy jg pengguna nokia 3120c,emang mantep nih hp!!! sy setting modus jaringannya dgn modus dual,yg jd mslh saat mau melakukan video call koq nggk bs ya?? mohon penjelasannya….

    Like

  38. sy jg pengguna nokia 3120c,emang mantep nih hp!!! sy setting modus jaringannya dgn modus dual,yg jd mslh saat mau melakukan video call koq nggk bs ya?? mohon penjelasannya….

    Like

  39. sory mbak desiana…numpang buka lapak yah..^_^

    aku jual kabel data ori ca-101 bwt nokia 3120c…harganya 95rb aja blm trmasuk ongkos kirim, sekali lg ini barangnya ORIGINAL tp unpacked…lokasiku dijogja, klo yg berminat bs hub 085742351593,bs COD atau transfer. Thx

    Like

  40. akhirnya kebeli juga nih hp, akhirnya kena racun juga nih gw.. he he.
    gw beli di itc fatmawati jaksel
    rp. 1.170 ribu tidak didapat kabel data dan memory external 😛
    gw saranin yang brother and sister kalo mau beli kabel data mendingan di toko komputer aja misalnya di glodok/atawa mangdu
    harganya murah meriah udah gitu bisa test. kemeren gw beli cuman 30rib doangk… asyik kan.

    Like

  41. @ahmadrivai
    Kok Bang sih??? kan dhesiana..hihihihihi
    Wah kenapa ya???? setting acces point namenya udah bener kah?? dicoba pakai kartu operator lain bisa tidak?

    Like

  42. @CR9
    Uhm….sampai saat ini ku belum beli sendiri, tapi kalau tidak salah sudah ada di toko2 komplek kranggan itu.

    oiya..makasih ya, dah dibantuin jawab duluan..sedang agak sibuk..hehehehe

    Like

  43. @Dani
    …..sudah dibantu jawab sama CR9 (makasih)
    Betul sekali..bisa… tinggal setting jenis koneksi pada saat connect lewat PC suit.

    Like

  44. @allow
    Maaf sebelumnya kalau jawabanku tidak sesuai yang diharapkan. Aku tidak tahu pasti kenapa LCD mudah pecah..kemungkinan besar ya karena benturan (mungkin jatuh atau terantuk benda keras). Masalah harga tanya ke graha nokia saja, aku tidak tau pastinya. Kalau tidak tau di mana alamatnya, coba tanyakan ke toko tempat membeli (biasanya di nota dan kartu garansi kan ada nama dan alamat toko plus nomor telepon)

    Like

  45. bang saya mau nanya nih bang knapa ya 3120c saya aplikasi javanya gak bisa connect ma internet, jadi 3120c saya gak bisa browsing pake opera mini, gak bisa pake yahoo go, pokoknya aplikasinya gak bisa connect sama internet, jadi terpaksa deh kalau internetan harus pake browser bawaan hp, knapa ya? padahal settingannya belum saya ubah, baru beli 3 hari kemaren, knapa ya kok bisa kaya gitu? apa ada yang ngalamin hal yang sama kaya saya? gimana caranya biar bisa internetan pake opera mini?

    Like

  46. aku baru beli 3120c, setelah muter2 dpt hrga 1150rb di jogjatronik, puas dah,hehe..

    @dani: bisa pak, tp bpk harus download sofwer pc suite dulu, ada tu di nokia.com

    oya sist,kabel datanya yg bukan ori dijogja dah ada yg jual blm? nuwun

    Like

  47. Saya Dani dari NTT baru beli 3120 classic 1.280rb
    Mau tanya Kalo Saya ga punya Kabel data, bisa pake Blutut utk hubungkan hp sbg modem ga ya? Thx

    Like

  48. mbak !!!
    Q mo nanya nih !!!!
    kebetulan skrg aq lg make N3120C baru 3 bulan pake LCDny pecah 😦
    udah q ganti pada counter biaza coz counter resmi jauh dari t4 q
    tapi lom sampe 1 bulan udah pecah lg.
    N skrg LCD q hitam lg semuanya.
    PertanyaanNy ??
    1. Dimana aq harus dapat original LCD N3120C
    2. Berapa kira2 harga nya ?
    3. Apa penyebabnya K’ LCD q mudah pecah ?
    Thanks mbak

    Like

  49. Mba aku mo tanya kenapa ya d nokia6300 susah banget(belum bisa)connect sama yamee ver 1.3 padahal downloadnya berhasil selalu ada kata subscribe to paket data first tiap mau connect…
    mohon solusinya ya mba..
    makasih

    Like

  50. @dmust nokia 3120c emang blum bisa setting gprs otomatis via sms pasti jawaban ny keyword salah tp kamu bisa ketik gprs nokia typehp lain misal ny 6600 krm ke 3000 nanti ada sms balesan gw juga gth ko pas mu aktifin gprsdurasi. Tapi biasanya nokia 3120c waktu pertama kita masukan sim card itu udah langsung aktif semua nya.

    Like

  51. Sist dari hp juga bisa ko cara nya berhubung nokia 3120c tidak bisa otomatis untuk setting gprs ny harus manual tp manual juga ribet udah aja ketik durasi nokia 6600 kirim ke 3000 nanti di kirim u/setingan ny tapi emang enak pake pc kalo di hp lumayan lah buat download mp3 sm video2….

    Like

  52. Untuk setting time base band : masuk pengaturan,konfig pribadi,buat account baru,jenis akses point. Untuk telkomsel acsess point name (APN) : flash, untuk indosat : indosat3g. Untuk telkomsel user name n password kosongkan aj. Untuk indosat user name : indosat@durasi,passwordnya klu gk slh kosongin aj. Proxy atau IP untuk ke 2 operator kosongin aj,jenis jaringan pakai Ipv4,klu gk bisa ya pakai Ipv6. Semoga membantu. 🙂

    Like

  53. @shanty86
    Salam kenal Sist..
    Setauku untuk pulsa durasi (im3 kan?) hanya bisa dipakai via PC. Jadi ngenet di PC n hapenya jadi modem. Settingannya ada, tapi ya itu tadi…untuk dipakai di PC. Onlen pke gprs biasa di hp juga udah murah ko Sist..aku onlen sehari ym pakai yamee cuma 500.

    Like

  54. @joni_yipt
    Salam dari jogja..he…skrg dmana ne? Normalnya memang bisa tampak onlen, tp akhir2 ini memang ebudy sering ‘ow ow’ (itu sebutanku untuk gk normal atau o’on..hehe). Kadang juga kalo kita krim msg 1x smpeny bsa 2 atau 3x.bikin bete. Coba pakai nimbuzz atau palringo. Kata temen sebelah lebih stabil (aku juga gak pakai,krn jarang onlen FB)

    Like

  55. @dmust
    Uhm..cba set via ota krim sms ke 3000 isinya gprs n3120c. Kalo gk bsa mkin ad mslh di im3nya. Jaringan gprs im3 memang hany lancar pada jam2 tidak sibu

    Like

  56. Sist gw shanty, gw mau nanya neh gw kan biasa ol pake hp tiap hari nah… Yg jadi pertanyaan gw tau gag cara ny aktifin internet gprs durasi katanya seh harus manual tp gw cari2 setingan ny ga ada sist jd sayang kan gw dah beli pulsa internet ny… Thanks y…

    Like

  57. kenapa hp 3120c ku setting otomatis IM3 nya gagal trus? gprs nokia 3120c keyword salah kapan fprs nokia 3120 doang g d rspon.
    mohon bantuanya

    Like

  58. @indra
    *Mungkin* memory hp kamu penuh (memory telpon/micro sd). Install aplikasinya di telp/di kartu ya? Ini masih kemungkinan dari aku. aku sendiri belum pernah mengalaminya

    Like

  59. hello mau nanya nieh soal nokia 3120. knapa ya setiap buka internet untuk facebook pasti ada commentnya your memory full? muncul seperti itu setelah aku pernah restat hp please jawab ke email aja yach

    Like

  60. @tanya tanya
    Aku jg blm cba settng 3g pke im3.tp harusny bisa OTA.kalo susah masih aj blm bsa,dtg ke galery indosat sja.smga membantu.
    @ceace
    Memang iya,ne hp naek harganya. Aku sepakat! Puas… Kabel memang susah dicari. Adapun harganya mahal, aku lihat di kranggan it ad yang jual (nama tkonya lupa,tp yg utara jalan)..udah 4blnan yll aku tnya harganya 200rb-an, gak tau skarng berapa. Untuk inetan pake bluetooth ya tergantung spec bluetoothnya untuk lama atau cepat..ada dalam kemasan biasany keterangan transfer rate-nya. Disamping juga sangat tergantung dengan jaringan operator (lancar atau tidak, jenis koneksinya gprs/edge/3g). Salam kenal juga yawh..sama2 Jogja

    Like

  61. Hai..Lam kenal aku dari jogja juga lho.
    Aku dah naksir 3120c waktu harganya tuh skitar
    1,3jtan. Kumpul2 duit eh malah harganya melonjak tajam, tp namanya jg naksir aku beli 1 bln yg lalu 1.8jt. Tp smuanya terbayarkan dg
    kpuasan dr hp tsb.
    Yg aku sayangkan susah cari asesorisnya, termasuk kabel data.
    Oh ya.. aku mau nanya nih. Kalo internetan dg PC pakai Bluethoot, koneksinya lama gak ya?
    Matur Nuwun.

    Like

  62. aku coba nywtting nokia 3120 3G udah lewat “777” trus di suru lewat “3000”. trus dibilan kalo belum ada OTA setting gimana ya???
    aku pake kartunya IM#
    bisa minta tolong….

    Like

  63. Aku jg pake 3120c, tapi sayangnya knp kalo buka applikasi gak bisa di minimize ya? jd YM gak bisa stanby online deh. Apa ada solusinya ya?

    Like

  64. aku juga punya nokia 3120 classic,
    mau nanya nih mbak…
    tapi pertanyaannya sama dengan dengan yg ditanyain diatas semua.!@#$@
    dah dijawab lagi…
    jadi bingung?????
    jadi ga jadi deh nanya nya mbaaakkk
    permisi……..

    Like

  65. yuuhuuu….
    gw pengguna baru neh 3120c
    gw pke im3
    gmn ya cara aktifin semua fasilitasnya??
    dari gprs,3g,edge, dsb….
    help please….

    Like

  66. @ika noviana
    kalau lemot atau tidak pastiny aku gak tau. Tapi, kalau 4gb it full ya lebih beratlah daripada memori 1gb. Sampai sekarang aku cuma pakai memori 512 itupun mash free 100an mega.

    Like

  67. Ok. . .dh. . . Thankz wt cument na niH. . .
    Aq jdi tmbh dmen ma 3120c Q Ni. . .

    😀

    O,IYa btw, kLo di kasi microSD yg 4GB jadi lemOt gak nieh? ? ?

    Like

  68. @Ika Noviana
    Wah lagi-lagi dikasih ilmu baru n dibantuin..makasih de…Dycom

    Memang benar yang dikatakan tentang perbandingan 3120c dengan 6120c, karena masku juga pake 6120c jadi sedikit banyak tau lah keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Satu lagi yang unggul dari 3120c adalah hasil jepretan kameranya yang super kinclong meskipun sama-sama 2MP baik ruang terbuka maupun di dalam ruangan.

    Like

  69. Kalau yang di tanya tentang yang mahal apanya,ya pastinya karena produk lama n lawas,belum lagi kekurangan2 yg ada di 6300,misal nya UMTS,dan platform nya,kalau 6300 blm 3G n msh berplatform S40v3,nah klu 3120c udah ada UMTS n berplatform S40v5,dengan ukuran layar 2″ ber-resolusi 240×320,dan kedalaman warna 16jt warna,ya itu juga jadi nilai plusnya. N hp ini bisa di tandingin dengan sodaranya yang sama2 classic lo, (6120c) tapi gak semua fiturnya yang bisa di tandingin, yang bikin 3120c keok terhadap 6120c adalah… Eng ing eng… Dari segi CPU (UPP,istilah tekniknya) CPU yang di pakai sama hp ini adalah jenis CPU tercepat & teranyar yang di miliki nokia, jaringan (6120c udah support HSDPA), OS & platform; hp yang satu ini berplatform S60v5,dan ber OS Symbian, so buat yang butuh app office OS ini lumayan ngebantu lah, GPS Software (without hardware support) ya lumayan lah,walau pun blm ada hardwarenya, paling gak bisa pakai gps via network. Nah kalau dari segi multimedia, 3120c lah pemenangnya. (saya tes multimedia menggunakan headset non ori yang harga 25 rebuan,file format mp3 dengan kompresi 128kbps stereo, mp4 dengan resolusi,kecepatan gambar n suara = 320×288 ntsc,30fps n 128kbps, n pakai resolusi kamera tertinggi plus lampu kilat), so lupain dah 3gp,coz 3120c n 6120c dah support mp4 yang hasil gambar n suara di atas 3gp,but boros memory he…5x. Ini hasil review saya sendiri lo…

    Like

  70. Aq jga pengGuna 3120c. . .
    Sneng jga aq punya hp ni. . . . .
    Tpi koq aq te2p lmayan dmen 6300 yaCh. . .pdahal kan 63 tU ga da flash ny, yg lebiH Unggul dr 63 tU pa ya? Koq lbiH mhal? ?

    Like

  71. @joko n rahasia
    udah djawab sama Dycom tuw..he…mkasih bnget.maaf, beberapa waktu gak sempat balas comment. Aku juga jadi tambah ilmu ne…

    Like

  72. Ee iye ketinggalan,klu batrai tergantung pemakaian klu di charge full trus bwt st.by aj bisa awet +- 1mggu (GSM),klu UMTS pastinya lebih singkat,tp klu bwt dngr musik,radio,browsing,or ngegame,ntu cuma tahan skitar 5-6 jam doank (UMTS).

    Like

  73. W coba jwb si rahasia dl neh, setau w klu lw maw browse pake pc n hp lu jd modem nye,ntu pling gampang pake nokia pc suite yg versi terakhir,klu blm pnya sedot aj di http://www.nokia.com,install di pc or laptop lw,tinggal pilih konfigurasi pilih negara,operator,n otomatis laptop/pc lu terseting bwt indosat,nah klu maw manual,di kolom APN lu isi aj =indosatgprs,username&password =indosat@durasi,lsg konek dah.hp lu gk usah di seting lg.
    Nah klu bwt si djoko: setau w suara hp paling kenceng (Via internal spk&headset) d pegang sm SE seri W,klu maw bandingin yg 6300 sm 3120c kyk ne sm deh,yg bedain suara nya bgs atow gk cuma d earpice headset, tp 3120c kurang mantep klu bass di full n stereo widening di on,suara d headset jd pecah.(piring kalee pecah) nah klu lw pnya bkat utak atik brg elektronik,lw bisa manfaatin headset sony walkman ke hp nokia lw,biar suara ne mantab,or lw modif aj biar bisa pake speker aktif or home theather (A/V RECEIVER),nti kan jadi 5.1 (format Dolby Prologic II).

    Like

  74. gw mo nanya donk…
    gw dah nyobain internet pake laptop lewat modemnya nokia 3120 classic pake im2. di HP udah gw setting dan bisa connect terus gw sambungin pake nokia pc suite juga udah kena list pake cable usb ca-101 terus pas gw connect dan gw configur ga bisa connect tulisannya begini “subscribe to packet data first” ntu kenapa sih padahal internet di HP bisa kok tolong ya mas solvenya dmn T_T

    Like

  75. Ehm,numpank nimbrunk ya,w jg pengguna nok 3120c,sejauh ini gk ada mslh sm ni hp,tp ada satu mslh yg kecil seh,pernah gk lo2 semua nyoba ngirim app or game java ni hp ke hp lain? Bisa gak?! Coz d hp w ini,klu kita nyoba hal tsb,selalu mentok d sertifikat,bete dah,udh goggling sn sni,tetep gk ktmu ntu sertifikat. Ada yg bisa bantu?! N 3120c dah ada rds (fitur dari radio,selain visual radio)nya pa blm yah?O iye 3120c itu ber platform s40v5,jd agak beda sm yg s40v3,n beda bgt sm yg seri s60xx(s60,s60v2,s60v3) n kita juga hrs bs bedain seri symbian,symbian ui, n uiq,so untk saat ini sun microsystem (pemilik trade mark java) belum ngeluarin app utk read file ber extensi *.pdf. 3120c termasuk generasi BB5,dgn kode RM,tp w lupa rm brp, So ni hp punya 2 buah IC upp,yg 1 rap gsm,yg 1 lg rap 3g,n ada OMAP nya juga lo. He…5x sekedar info teknis,n klu ada yg slh tlg di ralat,trimz.

    Like

  76. ku jg pny 3120 classic…
    mag bgus bgt yg ku sk tu tipis’a tu bs gmpg dbw2

    tp ku bt, smp skrg ku lum bs pke 3G’a pdhal sinyal’a udh da

    pa hrus dr hp’a dsetting jg klo mo pke 3G??

    Like

  77. @linda dan Mug
    Dulu aku juga pernah make IM lancar2 aja buat terima dan kirim. Kemudian karena ternyata lebih banyak pulsa yang kepotong makanya pake yamee ato shmessenger. Nah…barusan aku nyoba IMnya (setelah baca comment Mug). Alhasil ternyata emang gak bisa terima message. Aq gnti kartu (semula im3 kemudian ganti kartu halo), dan masih sama saja. Mulanya aku pikir karena masalah jaringan, tp trnyta setelah gnti kartu mash tetep.
    Aku sndri juga belum tau apa penyebabnya..tanya aja ke provider/ custmer servis atau ke graha nokia. Aku juga gak tau..he..

    Like

  78. Iya neh IM nya ga bisa menampilkan pesan…klo kta yg kirim pesan bisa kok,gliran org yg ngirim ke kta ga ad yg dtampilkan..
    Padahal hp ini sdah 2x sy bli, yg pertama bisa2 aj trima pesanx tp syg hpx dcuri org..trus bli lg tp giliram im nya ga bisa…tolong donk…

    Oia tuk nokia presenter aq dah coba,keren bgt bisa gerakin cursor lwt hp…instal dlu aplikasix bwt laptop/pc bisa dcari d google…trus ntar ad setinganx samain port incoming btoothx,,misalx hp kta kdetect sm laptop dport 4 maka pd aplikasi nok presenter harus port 4 jg…tuk lbh jelasx tanya ja ma om google…

    Like

  79. gmana sih caranya setting buat IM pada nokia 3120 classic? masalahnya gw punya, bisa kirim yahoo messenger buat org lain, tp ga bisa terima balasannya! tolong pencerahannya! thx a lot ya!

    Like

  80. @didit
    Wah, kalao presenter aku belum pernah nyuba..he..he.. ntar de kalo dah nyoba tak kasi tau.. 🙂
    Salam kenal juga. I Love Jogja

    @puttira
    Untuk menggunakan fitur video call sebelumnya silahkan di cek dulu jaringan 3G tersedia dan sudah aktif. Untuk mengaktifkan layan 3G indosat (kartu mentari prabayar), dilakukan dengan cara mendaftra via sms ketik “REG(spasi)3G” ke 7777. Kemudian anda kan mendapat konfirmasi bahwa layanan 3G anda telah aktif.

    Cara Setting 3G via OTA SMS (over the air): ketik “3g(spasi)Merk ponsel(spasi)TYPE” kirim ke 3000

    Sebaiknya sebelum melakukan video call, kirimkan dulu SMS ke nomor tujuan, untuk memastikan lawan bicara sudah siap melakukan pembicaraan video.
    Untuk melakukan panggilan video, pertama-tama tekan tombol short cut video call (biasanya bergambar kepala orang). atau dalam pilihan panggilan, terdapat pilihan untuk melakukan panggilan video, apabila kedua pihak sudah sama-sama mengaktifkan layanan 3G , maka otomatis hubungan video call dapat dilakukan.

    Like

  81. hai.. aku juga sama2 pke 3120c.

    trus cara make presenternya gmana..?
    kog dah dicoba2 ndak bisa juga yah.
    padahal laptop qw dah nangkep.
    apa perlu setting ilang. caranya…?
    klo install aplikasi laen. downloadnya dmana?

    oia. aku cah jogja jg lowh
    best regrads.

    Like

  82. @sumar
    Ya memang tidak ada karena 3120c ini generasi S40. Untuk yg sudah ad MENU sendiri adalah nokia tipe symbian (S60). Dia bisa multitasking seperti komputer jadi misalny buka ms word juga bisa buka game, browser.
    Dari dulu udah ada, ky tipe 6600, 3660, dan lain2. Untk skarang, S60 new paling murah 6120c.
    Terimakasih

    Like

  83. @grenie
    uhm…nampaknya aq mash agak bngung dgn mksud prtnyaanmu.he..muuph.
    Kalo boleh tau, kartu kamu ap? Sejauh yg aku tau settng otomatis di 3120c ku ada untuk indosat dan telkomsel (secara, blm pernh nyoba masukin kartu xl). Setting ini bisa langsung aku pakai untuk semua aplikasi baik pakai GPRS, EDGE, maupun 3G

    Like

  84. tapi kenapa ya kalo pake setting bawaan dari hape’a koq gw pake applikasi kaya opera mini, yahoo go!, trus facebook dan laen-laennya yang berhubungan dengan koneksi kaggak bisa ya..??? jadi terpaksa gw setting manual dah..!! 😦 emang bisa tapi jd kagak bisa 3G ya kgak selengkap parameter yang bawaan nokia’a kenapa ya?? kalo disandingin 3120 Classsic sama kaya N70 lhoo..!!

    Like

  85. @rendy
    Kalau mau backup tinggal pakai pc suit nya. Kan ad tu fasilitas backup phonebook. Buat backup sms juga bisa ko. Ato untk lbh aman dsmpan di kartu (simcard) juga..
    Aku juga dh beberapa kali khlangan phonebook. Tp bukan pake 3120c ini. Slma ne g ad trobel.

    Like

  86. 3120 classic jg w punya, sering gw pake chatting lewat nimbuzz…
    tp barusan, tepatnya minggu lalu pada malam hari, hp ituw gw charge (dah co2k yagh tulisannya??) dalam keadaan mati, eh… pas dinyalain gak mau, hanya ada tulisan NOKIA, tp gk maw masuk….
    jd w bw dah di NCC, gratis sigh krn masih garansi, tp daftar kontakku ludes sudah..
    btw, ada gk aplikasi buat ngeback-up daftar kontak kayak pada aplikasi symbian s60??? soalnya sayang kan klo daftar kontak sampai harus hilang semuanya………

    Like

  87. @Doank
    Nah inilah salah satu kelemahan 3120c.. Ponsel sehebat ini tidak dilengkapi dengan menu ‘brightness control’. Jadi memang terganggu apabila dpakai di tempat gelap..:-). Apalagi maen game sprti ‘doank’ itu. Waktu (time) nyala LCD ke mati juga tidak bisa diatur, jd kalo lg bca blog kadang juga belom selesai tiba2 mati lampunya. Sedikit mengganggu si, tapi buatku itu bukan masalah besar. Yang menyenangkan, bisa keep blogging n blogwalking.. Ini juga nge-blog by 3120c. 😀

    thanks ya, udah mampir…

    Like

  88. Aku udah beli 3120c sekitar 1 blnn ini. Aku binun sampe sekarng masih lum ngerti cara ngatur nurunin kecerahan alias terang bin kontrasnya. Soale mataku jadi silau klo mainin ni hape dimlm hari.. Mohon bantuannya trims.

    Like

  89. Aku beli 3120c sekitar 1 blnn ini. Aku binun sampe sekarng masih lum ngerti cara ngatur nurunin kecerahan alias terang bin kontrasnya. Soale mataku jadi silau klo mainin ni hape dimlm hari.. Mohon bantuannya trims.

    Like

  90. @aza
    Operamini yang dmaksud yang bawaan hp atau yg menginstal sendiri? Cara ini bisa dilakukan untuk mengecek:
    1. Cek ‘allow network acces’ pda pilihan ‘option’ sebelum aplikasi dbuka. Pastikan udah ‘allowed. Jika masih belum bisa …
    2. Cek ‘setting protocol’ ad di startpage setelah aplikasi dbuka. Pilih yang http. Jika masih belum bisa …
    3. Cek pulsa, pastikan cukup untuk browsing. Jika masih belum bisa …
    4. Kemungkinan masalah pada jaringan operator. Kalau im3/mentari kadang memang troble. Bahkan 5hari yll aku gak bisa pake gprs.. Yang lancar ya telkomsel (kalo xl gak pernah nyoba). ‘rego nggowo rupo’ kata orang jawa.
    Untuk tanda G it bisa berarti 2, yaitu 3G bila 3G aktif (makan lebih banyak pulsa) dan GPRS hanya jika 3G tidak aktif. Kalau ad jaringan EDGE, dia akan pake EDGE lebih dulu. Jadi kalo kita pilih dual mode dan di atas (deket indikator 3G) berarti yang aktif jaringan 3G lebih dulu. Kalo hanya pilih gprs, pilih yang GSM. EDGE dan GPRS tarifnya sama, tapi lebih cepat EDGE.
    Oiya, yang dmaksud bhasa cina tadi apa ya? Operamini nya? Kalau iya donlot yg versi indo di komentarku sbelumny sudah tak sertakan linknya.

    Ok.thanks udah mampir…ada lagi?? 🙂

    Like

  91. suwun ya infone mbak….btw, aq ada masalah dg aplikasi yg hrs connect ke internet. padalah yamee ver 1.3 sudah sukses dan sdh bisa OL, namun kalo mo pake opera mini pasti error.. connection failed…padahal sy udah pasang settingan dual mode dan aktif G (GPRS kan yg aktif)… itu yg aq bikin bingung…
    terus..kebetulan aq pnyanya yg versi china..tdk ada settingan bhs indonesia…ada ga ya software/firmware utk masukin menu bahasa indonesia..thanks suwun

    lumayan lah pake Nokia 3120c

    Like

  92. @Heidi Sabrina Putri

    Sebelumnya terimakasih udah mampir ke blogku 🙂
    Ok, saya akan jawab sebisa saya pertanyaan mbak di atas.
    1. Fungsi kamera depan adalah untuk video call (3G) saja jadi kalo untuk mengambil gambar tidak bisa. Untuk melakukan video call fitur 3G di HP harus aktif (masing-masing operator beda caranya)
    2. N 3120C ini otomatis instal aplikasi apabila kita memasukkan file *.jar (berbeda dengan ponsel Symbian yang harus menginstal terlebh dahulu). Untuk mendapatkan file *.jar (aplikasi java) prinsipnya ada 2 cara yaitu dengan mendownload langsung atau dengan transfer file via bluetooth atau kabel data. Saya juga menggunakan operamini 4.2 (untuk browsing) dan yamee ver 1.3 (untuk chatting). File ini saya download dari PC di http://www.getjar.com/products/15494/Yamee dan untuk opera 4.2 di http://www.getjar.com/products/3334/OperaMiniWebbrowser
    Kalau udah di save di PC kemudian aku transfer ke HP by bluetooth.
    Untuk mendownload langsung bisa menggunakan wap brower yang ada di hp (membuka http://www.getjar.com kemudian search operamini 4.2)..(pastikan GPRS aktif dan ada pulsa..he..he…)
    Oiya untuk transfer via bluetooth, mbak Heidi harus punya bluetooth adapter dulu (biasanya diolokkan ke port usb).
    3. Setelah instal PC Suite untuk N3120c atau S40 (Pastikan bukan trial ya) bisa langsung PC Sync.. Tidak harus menggunakan kabel data, bisa juga dengan bluetooth. Saya sendiri menggunakan bluetooth karena kabel data tidak disertakan dalam penjualan dan untuk membeli yang ori mahal banget (he..gak ad duit)..yang gak ori juga masih langka di sini (Jogja). Kalau bluetooth adapter HK harganya 65rb (saya beli bln oktober).

    Begitu mbak…moga-moga aja bisa membantu..kalau ada yang ingin ditanyakan lagi, silahkan hubung saya.
    email : dhesi_wae@yahoo.com atau YM : dhesi_wae

    Like

  93. Mbak,
    berhubung diriku baru beli sekitar 2 bulanan niy HP 3120 classicnya, aku mau tanya nih…
    1. Hal yang perlu banget aku tahu, fungsi kamera yang di depan, di atas layar itu untuk apa ya..? Saya tidak pernah menemukan fungsinya, apa bisa juga dipake untuk capture foto..???
    2. Gimana caranya menginstal software ke dalam handphone, saya perlu instal yamee dan opera 4.2.. Bisa ga mbak membantu saya..???
    3. Setelah saya download PC Suite dan menginstal ke komputer, apakan langsung bisa menggunakan feature PC SYNC..??? Saya juga tidak memiliki kabel data…

    Itu aja siy yang jadi pertanyaan saya, mohon bantuannya ya Mbak…

    Thanks
    Regards,

    Heidi

    Like

  94. @riman
    Terimakasih kunjungan dan komentarnya..kita sama, pengguna 3120c.memang sip di kelasnya untuk internetan,apalagi ad jaringan edge n lebih2 pakai 3g..yang aku suka juga kameranya..jernih jika dbandingkan dgn hp lain dg piksel sama.

    Like

  95. Emang sangat puas pake nokia 3120 classik, sdh 2 bln aku makenya dan paling sering utk internetan udah gitu mudah sekali tambah aplikasi pokoknya gak nyesesal deh punya 3120c

    Like

Leave a comment