Kepik, Binatang Bersayap Cantik Warna Warni

Sepertinya binatang ini mudah sekali ditemukan di sekitar rumah. Iya, kepik atau bahasa latinnya coccinelida. Warna-warnanya cantik dan mudah ditangkap,membuat absha suka sekali dengan si dia ini. Setiap ada kesempatan mbolang, istilah kami untuk berpetualang di alam terbuka, binatang cantik ini selalu menjadi sasaran utama buat Absha. Kami jarang menyebutnya kepik, tetapi dengan sebutan lain yang lebih keren yaitu ladybug.

20161228_1130271

Berdasar infoi dari sini, Coccinelida adalah sebuah keluarga kumbang yang secara umum dikenal dengan sebutan “Kepik”atau “Kumbang Tutul”. Kepik ditemukan diseluruh belahan dunia dengan lebih dari 5000 spesies yang telah ditemukan. He,,he,,he,,!!!!! sok tau ya aku,, ma’af klau sombong,,,,.

kembali lagi ke Coccinelida. Dari 5000 spesies yang telah ditemukan, ada 450 yang diantaranya adalah spesies asli Amerika Utara. Hewan tersebut memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

1}. Dia memiliki ukuran 1 sampai 10 mm.
2}. Berbentuk seperti belahan bola.
3}. Berwarna merah dan juga ada yang berwarna coklat.
4}. Tubuhnya bergaris dan berbintik-bintik.
5}. Kepik yang dewasa makanannya adalah kutu daun.
20161229_1006361
Hemiptera adalah ordo dari serangga yang juga dikenal sebagai kepik. Hemiptera terdiri dari 80.000 spesies serangga seperti tonggeret, kutu daun, anggang-anggang, walang sangit dan lain-lain. Mereka semua memiliki ciri-ciri khusus seperti mulut berbentuk jarum dan tidak mengalami metamorfosis sempurna. Serangga kecil (kepik) tidak termasuk hemiptera, melainkan termasuk dalam ordo coleoptera (kumbang) karena memiliki perbedaan dalam hal anatomi dan siklus hidup.

 

Kuaci Teh Hijau dari Cimory

wp-image-1997653540jpg.jpg

Anak-anak berebutan mengantri kupasan kwaci dari mbah putri dan bunda-bundanya.  Disertai suara teriakan dan ketawa yang menandakan itu adalah adegan yang menyenangkan buat mereka. Gak ada lagi yang memandang layar hp. 😁.. Cuma kwaci, kwaci biji labu teh hijau oleh-oleh dari mbah putri piknik ke Semarang. Tapi ini bukan kwaci biasa, ini kwaci asyik yang bikin ngumpul tambah rame. #latepost

Kulit Lumpia Renyah Anti Gagal

Kulit lumpia versi kuas ini menghasilkan kulit yang garing, tapi tidak mudah robek.

20170204_080524.jpg

* Resep *

  • 100 gram terigu
  • 100 ml air
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 butir putih telur

Cara membuatnya:

  • Campur aduk dengan whisk sampai kental.
  • Nyalakan api kompor dengan nyala yang kecil.
  • Dengan menggunakan kuas, sapukan adonan ke atas teflon (pastikan teflon tidak begitu panas)
  • Tunggu sampai adonan berwarna putih dan bisa diangkat. Tidak perlu menunggi kering, karena justru akan retak.
  • Susun di atas wadah dengan memberi tepung diantara kulit lumpia yang sudah jadi, agar tidak lengket.

Inilah 5 Makanan yang Sulit Saya Tolak

Saya memang bukan penyuka segala makanan, tapi saya sering kesulitan kalau ditanya makanan apa yang paling tidak kamu sukai? Susah banget njawabnya,,,, hehe, ketahuan kan penyebab kegendutan saya. Nah, kali ini saya akan menuliskan 5 makanan yang kalau ditawarkan ke sayasusyah banget nolaknya. Apa saja?

  • Gereh besek disambelin

Tau kan, ikan asin dalam keranjang yang suka dijual mbak-mbak atau mas-mas tukang sayur itu? Ikan yang katanya proses pembuatannya bikin illfeel. Tapi nyatanya..menu ini adalah menu favorit di beberapa meja makan; percayalah. Saya heran banget, sepertinya perut ini gak kenyang-kenyang kalau lauknya gereh besel disambel tomat.

  •  Sambel bawang, diuleg dengan tempe bacem goreng

Menu ndeso lain yang tidak bisa saya tolak adalah sambel tempe bacem. DImakan dengan nasi hangat, enaknya banget lho.. Silahkan dicoba.

  • Sate ayam

Yah, meskipun tidak se favorit dulu, tapi sate ayam ini masih menjadi menu yang tidak bisa saya tolak. Dulu jaman saya kuliah, kalau badan terasa meriang, diobatin pake sate ayam aja sudah bisa sembuh.

  • Roti pizza

Bukan sok modern lho, tapi perpaduan antara tomat, keju, dan oregano yang dipanggang itu sangat menggoda bagi saya. Kadang hanya saus pizza saja saya tidak bisa menolaknya.

  • Cokelat

Dalam bentuk apapun, baik itu cokekat batang maupun cokelatr cair alias minuman cokelat adalah makanan penenang buat saya. Kalau pas lagi suntuk, strees banyak yang harus diselesaikan cokelat adalah makanan andalan saya. Kalau yang terakhir ini pasti semua perempuan setuju kan?

Nah, siapa mau kirim saya makanan? Heheh

Libur karena Mancing

Cerita Ayah,

16426303_10208962358802233_2207180334649660361_n
Ayah, ini kan hari Sabtu….mbak absha mau sekolahnya diliburkan saja. Mbak absha mau mancing di belakang.
Simbah….buatin pancing buat mbak absha (simbahnya yang masih tiduran dibangunkan deh hehehe). Akhire dibuatin lah pancing sama mbah kakungnya dan mancing di belakang….jeng jeng…..5 ikan mujair berhasil di pancing absha. selesai di goreng langsung deh dibuat sarapan sama Absha. Siiiip ya nduk liburanmu kali ini (*Meliburkan diri)

16425798_10208962415083640_707586863805528772_n

Sabtu 4 Februari 2017.

Bucket Bunga, Romantisme Absha

Cerita Ayah,

bunga1

Bunga ini didapat Minggu kemarin dari bermain sama Mas Andra. Pulang ke rumah dia tunjukkan kesaya, dan bilang mau ambil gelas dan dikasih air untuk bunga ini. Karena rumah baru ribet malamnya dia tunjukkan kesaya tapi kurang saya perhatikan. Senin pagi dia nyari-nyari dan berhasil didapatkannya bunga ini lalu ditunjukkan kesaya. Seperti biasa saya ucapkan terima kasih dan saya peluk. Kemarin sore bunga ini ditaruh di meja sampai kemudian sama Adiknya sheena diambil dari gelasnya.  Pecahlah tangis absha. Tangis yang natural penuh kekecewaan; karena ini katanya punya ayah dan mbak absha.

Ya sudah bunganya ayah pasang lagi dan kita taruh di ruang kerja ayah ya……
Terima kasih Absharina ku…..Ayah sayang mbak absha

Senin, 23 Januari 2017